Kasus Positif Corona Meningkat Akibat Masyarakat Tak Patuh Protokol Kesehatan

Kasus Positif Corona Meningkat Akibat Masyarakat Tak Patuh Protokol Kesehatan
Sopir Banyuwangi Gratis Rapid Test. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 11 Juli 2020 11:18 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gugus Tugas mengungkapkan meningkatnya kasus positif Covid-19 karena masih banyak masyarakat tak laksanakan protokol kesehatan di situasi new normal. Hal ini berlaku di tempat seperti sekolah asrama ataupun pesantren, dengan sirkulasi yang udaranya tidak baik.

"Karena memang banyak protokol kesehatan masih banyak belum dilaksanakan terutama penggunaan masker. Di mana sulit sekali masyarakat atau kelompok masyarakat tertentu menjaga jarak. Misalnya, di sekolah atau di pesantren atau di tempat-tempat yang memang orang berkumpul dalam sirkulasi tadi udara tidak baik atau tidak pakai masker," kata Tim Komunikasi Publik Percepatan Penanganan Covid-19, Kiki Ika Syafitri, dalam diskusi Polemik Trijaya, Sabtu (11/7).

Dia menuturkan, banyaknya peningkatan kasus seperti di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat (AD), itu banyak faktor. Tapi dipastikan karena tidak ada protokol kesehatan yang dijalankan.

"Kalau sirkulasinya tidak bagus orang berkumpul di suatu tempat tidak bisa berjaga jarak, ya sangat mungkin itu terjadi. Apalagi konsistensi pemakaian maskernya tidak 100 persen. Misalnya, orang menggunakan aktivitas tertentu kadang cukup sulit juga pakai masker, jadi itu yang diperbaiki," jelas spesialis perubahan perilaku UNICEF ini.

Baca Selanjutnya: Meningkatnya Kapasites Tes Turut Mempengaruhi...

Halaman

(mdk/bim)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami