Kasus Positif Covid-19 di Kaltim jadi 9 Orang, 5 Ada di Balikpapan

Kasus Positif Covid-19 di Kaltim jadi 9 Orang, 5 Ada di Balikpapan
Plt Kadinkes Provinsi Kalimantan Timur Andi M Ishak. ©2020 Merdeka.com/Saud Rosadi
PERISTIWA | 20 Maret 2020 18:48 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Kasus positif virus Corona (Covid-19) di Kalimantan Timur hari ini bertambah 6 kasus jadi total 9 kasus, setelah Kamis (19/3) kemarin, hanya 3 kasus.

Tambahan 6 kasus positif baru itu, 5 berada di kota Balikpapan, dan 1 lagi di Kutai Kartanegara. Dengan begitu, jika dirinci per hari ini, Samarinda 1 kasus positif, Balikpapan 6 kasus dan Kutai Kartanegara 2 kasus.

"Ada data yang dikoreksi. Di pengumuman televisi, Kaltim 10 kasus. Ternyata, 1 di antaranya selisih (salah entri), bukan Kaltim. Jadi, Kaltim cuma ada penambahan 6 kasus," kata Plt Kadinkes Provinsi Kalimantan Timur Andi M Ishak, dalam penjelasan resmi, Jumat (20/3) petang.

Ishak merinci, 6 pasien di Balikpapan, 5 di antaranya diisolasi di RSUD Kanujoso, dan 1 di RS Pertamina. Sementara di RS AM Parikesit di Tenggarong Kutai Kartanegara 2 pasien, serta di RSUD AW Syachranie Samarinda mengisolasi 1 pasien.

"Detailnya pasien di Balikpapan 3 perempuan dan 3 laki-laki usia 34-49 tahun. Di Tenggarong 2 perempuan usia 29 dan 36 tahun. Dan di Samarinda, perempuan usia 37 tahun. Kesemuanya masih diisolasi," ujar Ishak.

Ishak merinci, 3 dari 5 kasus baru di Balikpapan, juga usai bepergian dari Bogor, bersamaan dengan 1 pasien positif di Samarinda. "Sementara, 2 pasien lainnya di Balikpapan ini, usai bepergian ke Jepang dan Jakarta," sebut Ishak.

Sedangkan tambahan 1 kasus di Kutai Kartanegara, juga usai bepergian dari Jakarta. "Rata-rata 6 pasien baru positif Covid-19 hari ini, rata-rata mengeluhkan batuk, demam, sakit tenggorokan," tambah Ishak.

Ishak juga melansir, hari ini tercatat ada 561 warga Kaltim masuk status Orang Dalam Pemantauan (ODP). Di mana, Balikpapan paling banyak mencapai 201 orang. Data itu hasil dari tracing, informasi KKP, dan laporan call center. "Dari 561 ODP, yang masih dalam pemantauan ada 426 orang. Sisanya, 135 selesai pemantauan," ungkap Ishak.

Sementara, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Kaltim, tercatat ada 46 kasus. "Ada 7 PDP baru hari ini. Rinciannya, di Samarinda 5 PDP, Kukar 1 PDP, dan Berau 1 PDP," demikian Ishak. (mdk/bal)

Baca juga:
Cegah Corona, Gubernur Bali Akhirnya Instruksikan Penutupan Seluruh Objek Wisata
Pemprov DKI Siapkan 2 TPU untuk Pemakaman Pasien Corona Meninggal
Tunjukkan Gejala Virus Corona, Mahasiswa Asal Malaysia Diisolasi di Riau
Obat Flu Avigan Asal Jepang Ampuh Bisa Atasi Corona, Ini Penjelasannya
CEK FAKTA: Hoaks Foto Perempuan Uighur yang Dizalimi dan Berdoa Datangkan Corona
Pasien Positif Corona Saat Rapid Test Tidak Mesti Dirawat di Rumah Sakit

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami