Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Ruang Isolasi di Medan Terancam Penuh

Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Ruang Isolasi di Medan Terancam Penuh
PERISTIWA | 9 Juli 2020 21:02 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Kasus positif Covid-19 di Sumut terus meningkat. Ruang isolasi yang diperuntukkan bagi pasien terinfeksi virus corona dikhawatirkan akan penuh.

"Dari 21 rumah sakit di Kota Medan, mulai dari kelas A, B, dan C, tersedia total ruang isolasi beserta tempat tidurnya sebanyak 757 unit. Kemarin 8 Juli 2020 tercatat merawat 575 pasien. Masih ada sisa tempat yang dapat digunakan pasien baru 182 tempat tidur," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, dr Whiko Irwan, dalam live streaming dari Media Center GTPP Covid-19 Sumut, Kantor Gubernur Sumut, Jalan P Diponegoro, Medan, Kamis (9/7).

Menurut Whiko, tidak tertutup kemungkinan ruang isolasi akan penuh. "Dengan terus meningkatnya angka Covid-19 di wilayah kita, tidak tertutup kemungkinan akan penuh. Berapa pun ruang yang disediakan pemerintah daerah, akan penuh," sebutnya.

Sementara kasus positif Covid-19 di Sumut terus bertambah. Peningkatan kasus yang diumumkan Kamis (9/7) bertambah 109 orang. Dengan tambahan itu, total warga terpapar Covid-19 menjadi 2.085 orang.

Orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 1.630 orang. Sementara pasien dalam pemantauan (PDP) sebanyak 252 orang. "Pasien meninggal 115 orang (bertambah 5 orang) dan sembuh 514 orang (bertambah 11 orang)," ujar Whiko.

Seperti sebelumnya, Whiko kembali mengingatkan agar seluruh warga selalu mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. "Selalu memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun serta selalu menjaga jarak," imbaunya. (mdk/ray)

Baca juga:
Menteri Sri Mulyani Ungkap 365.831 WP Terima Insentif Pajak per 30 Juni 2020
Jalani Rapid dan Swab Test, 4 Pegawai Pemkot Jakbar Positif Covid-19
Jokowi Minta Aparat Lindungi Tenaga Medis Tangani Covid-19 Kerap Diintimidasi
Besok Kereta Api Jarak Jauh Mulai Beroperasi, Ini 10 Rutenya
Jokowi: Jangan Sampai Ekonomi Dipercepat, Tapi Kasus Covid-19 Meningkat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami