Kasus Positif Covid di Riau Tembus 4.990, Gubernur Pastikan Ruang Isolasi Tersedia

Kasus Positif Covid di Riau Tembus 4.990, Gubernur Pastikan Ruang Isolasi Tersedia
PERISTIWA | 20 September 2020 19:33 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau terus bertambah. Hari ini, ada 303 kasus baru konfirmasi positif.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dengan penambahan pasien baru itu, maka jumlah kumulatif kasus virus corona sejak awal pandemi hingga hari ini di di Riau mencapai 4.990 orang.

"Di Provinsi Riau terdapat penambahan 303 kasus, ini paling banyak sejak awal pandemic corona. Total kasus terkonfirmasi hingga saat ini berjumlah 4.990 orang," ujar Mimi (20/9).

Selain itu, terdapat penambahan 72 pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona. Namun kabar dukanya, terdapat penambahan 1 pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19.

"Dari total 4.990 orang kasus Covid-19 di Riau, pasien yang masih menjalani isolasi mandiri sebanyak 1.959 orang, pasien dirawat di rumah sakit 851 orang, yang sembuh 2.084 orang dan 96 meninggal dunia," jelas Mimi.

Sedangkan pasien suspek yang sedang isolasi mandiri berjumlah 9.361 orang, suspek yang menjalani isolasi di rumah sebanyak 192 orang. Lalu suspek yang telah selesai isolasi terdapat 16.917 orang. Namun suspek meninggal dunia berjumlah 69 orang. Total suspek berjumlah 26.539 orang.

"Untuk spesimen diperiksa berjumlah 1.864 sampel. Jumlah orang diperiksa sebanyak 1.262 orang."

Gubernur Riau Syamsuar menegaskan, hingga saat ini ruang isolasi pasien Covid-19 masih tersedia.

Dia menyebutkan, dari 48 rumah sakit rujukan di Riau, masih ada kapasitas ruang isolasi yang tersedia sebanyak 348 kamar yang tersebar di daerah.

"Kemarin ada berita katanya ruang isolasi sudah penuh, ini perlu saya luruskan supaya masyarakat kita tidak khawatir berkaitan kesiapan rumah sakit," ujar Syamsuar.

Syamsuar mengatakan, untuk di Kota Pekanbaru saja saat ini masih ada 83 tempat tidur yang tersedia di rumah sakit. Sementara untuk fasilitas pelayanan kesehatan yang nantinya akan ditempatkan bagi pasien gejala ringan dan isolasi mandiri yang telah ada di Kota Pekanbaru.

"Kapasitasnya mencapai 1.521 tempat tidur. Saat ini belum sampai 100 tempat tidur yang digunakan."

Syamsuar berharap, masyarakat mengetahui kondisi fasilitas kesehatan Covid-19 di Riau. Sehingga, tidak ada rasa waswas dan khawatir. Sekaligus menepis adanya informasi yang menyebut ruang isolasi Covid-19 sudah penuh.

"Mudah-mudahan dengan kerja sama dan sinergi ini kita bisa mengatasi Covid19 baik di Pekanbaru maupun di daerah lainnya," tutup Syamsuar. (mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami