Kasus Sylviana masih lanjut, Polri tunggu saksi ahli dari Kemendagri

Kasus Sylviana masih lanjut, Polri tunggu saksi ahli dari Kemendagri
PERISTIWA | 6 Maret 2017 13:07 Reporter : Juven Martua Sitompul

Merdeka.com - Kepolisian Republik Indonesia memastikan dua kasus yang menyeret nama mantan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni terus berjalan. Saat ini polisi masih menunggu kesiapan saksi ahli dari Kemendagri untuk diperiksa.

"Kan mau diperiksa saksi ahli dari Kemendagri," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/3).

Martinus mengatakan pihaknya sudah jauh-jauh hari melayangkan surat panggilan kepada saksi untuk dimintai pendapatnya. Hanya saja, saksi yang dipanggil itu sedang berduka dan belum siap memberikan keterangan kepada penyidik.

"Saksi ahli yang kami minta dari Kemendagri itu lagi berduka, tetapi siapa yang meninggal atau sakit kita belum tahu," ujar dia.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menjelaskan selain menunggu kesiapan saksi ahli, sejauh ini penyidik juga masih menunggu hasil audit dari badan Pemeriksa Keuangan (BPK). "Kita menunggu kesiapan beliau bersedia kapan. Dari situ kita tunggu BPK. Itu kan audit bisa sampai dua bulan," ucapnya.

Di sisi lain, Martinus membantah jika kasus Sylviana mulai mandek lantaran mantan calon Wakil Gubernur itu sudah kalah di putaran satu Pilgub DKI. Dia menegaskan dua kasus Sylviana tidak bermuatan politis.

"Jadi enggak ada itu hubungannya. Jadi ditegaskan kalau kasusnya masih berjalan," pungkas Martinus.

Diketahui, Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri tengah mengusut dua perkara dugaan korupsi yang menyeret nama Sylviana Murni. Pertama, kasusdugaan korupsi penyalahgunaan dana pembangunan Masjid Al Fauz di Walikota Jakarta Pusat dan kedua kasus dugaan korupsi dana hibah Kwarda Pramuka DKI Jakarta.

Dalam pengusutan dua kasus itu, penyidik juga sudah memeriksa Sylviana dalam kapasitasnya sebagai saksi. Bahkan, status dari salah satu kasus itu, yakni kasus dugaan korupsi penyalahgunaan dana pembangunan Masjid Al Fauz sudah naik ke tahap penyidikan. Namun, belum ada tersangka di kasus tersebut. (mdk/eko)

Soal tersangka kasus dana hibah pramuka, Bareskrim tunggu audit BPK

Bareskrim akan tentukan status Sylviana di kasus dana hibah Pramuka

Bareskrim yakin ada kerugian negara dalam kasus bansos Pramuka

Soal Sylviana Murni, Polri tunggu hasil penyelidikan ahli

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami