Kawanan garong satroni Balai Desa, PAUD dan Polindes di Kediri

PERISTIWA | 27 November 2014 12:38 Reporter : Imam Mubarok

Merdeka.com - Aksi pencurian dengan pemberatan terjadi di balai desa dan polindes serta PAUD Melati di Desa Sumberejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (27/11). Pelaku yang diperkirakan lebih dari satu orang masuk dengan cara menjebol tralis besi kemudian membawa kabur barang-barang elektronik dan uang puluhan juta rupiah.

Akibat kejadian ini pelayanan desa terganggu dan siswa-siswi PAUD terpaksa dipulangkan lebih dini. Menurut perangkat Desa Sumberejo, Hadi Kasbianto pencurian dengan pemberatan tersebut baru diketahui oleh kepala PAUD Melati Mutrofin pagi harinya.

"Kejadian tersebut baru diketahui pagi hari saat bersih-bersih halaman dan sekolah.M utrofin melihat ruangan sudah dalam keadaan berantakan," Kata Hadi pada sejumlah wartawan, Kamis (27/11).

Masih menurut Hadi, Mutrofin kemudian melakukan pengecekan di dalam ruangan sekolah, ternyata uang infak milik siswa sebesar Rp 400 ribu telah raib. Selain itu alat elektronik berupa kabel dan colokan juga hilang.

Kejadian tersebut juga menimpa polindes dan Balai Desa Sumberejo. Di polindes pelaku mengambil uang sebesar Rp 1,7 juta, sementara di Balai Desa Sumberejo, pelaku mengambil dua buah laptop satu CPU komputer, mesin printer dan DVD player dan kamera digital. Selain itu uang tunai sebesar Rp 10 juta ikut dibawa kabur. Uang tersebut merupakan uang setoran pasar dan uang biaya operasional desa.

Selain itu di koperasi PAUD para pelaku juga sempat minum satu botol susu anak-anak dan kue kering. Di lokasi ini pelaku juga mengambil barang dagangan berupa dua potong baju bekas berupa kaos dan kemeja. Menurut pengurus koperasi pelaku diperkirakan masuk melalui jendela samping koperasi.

Pihak kepolisian dari Polsek Gampengrejo yang mendatangi lokasi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara. Kapolsek Gampengrejo AKP Edy Subandriyo mengaku penyelidikan masih buntu karena dalam waktu bersamaan pelaku beraksi pada tiga tempat.

Polsek Gampengrejo berencana meminta bantuan tim buru sergap (Buser) Polres Kediri untuk mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan tersebut. Saat ini polisi saat ini masih memeriksa sejumlah saksi dan mengumpulkan barang bukti di lokasi.

(mdk/hhw)

TOPIK TERKAIT