Kawasan Industri Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Jawa Barat

Kawasan Industri Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Jawa Barat
PERISTIWA | 7 Juli 2020 16:25 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan muncul klaster baru di wilayahnya. Yakni, kawasan industri. Diduga tempat penyebaran di indekos pekerja.

"Ada klaster baru di daerah industri. tracing tracking masif. Mayoritas di satu pabrik, tapi ngekosnya berkumpul dengan karyawan pabrik lain," kata Emil, sapaannya, kepada wartawan di Polda Jabar, Selasa (7/7).

"Jadi kita mendapati ada potensi luar biasa, sehingga potensi industri yang terdampak tidah hanya satu merk," sambungnya.

Namun, lanjut Emil, kepada industri lain yang huniannya berkumpul dengan sesama karyawan di wilayah itu sendiri. Meski demikian, Emil klaim Jabar masih bisa mengendalikan dari sisi penyebaran sehingga tidak menimbulkan penambahan yang masif.

Dengan begitu, Emil menambah satu lokasi tempat rawan penyebaran Covid-19. Yakni, di asrama.

"Jabar masih melaksanakan PSBB. Cuman dibagi dua. PSBB Proporsional di Bodebek, dan PSBM di skala mikro di non Bodebek. Kami menginstruksikan tempat rawan kami tambahi, tadinya tempat wisata, pasar tradisional, terminal stasiun, ditambah tempat berasrama. Ini akan menjadi pusat perhatian pengetesan dalam dua minggu ke depan."

1 dari 1 halaman

Minta Daerah Tingkatkan Tracing

Pun ia meminta para kepala daerah di Jawa Barat untuk meningkatkan tracing, testing dan isolasi saat ada kasus positif Covid-19.

"Yang ketiga, kampanye dalam AKB harus diperkuat, kami masih melihat masyarakat menganggap AKB ini balik lagi ke seperti dulu lagi. Dua minggu ke depan, edukasi dalam video, iklan di level kabupaten/kota provinsi kita tingkatkan." (mdk/rhm)

Baca juga:
Bank BUMN Telah Salurkan Dana Pemerintah Rp 11 T ke 132.000 Nasabah
Jenazah Dibawa Paksa Keluarga dari RSUD Pirngadi, PDP Terkonfirmasi Positif Covid-19
Survei LSI, 74,8 Persen Warga di Zona Merah Covid-19 Alami Keterpurukan Ekonomi
Update Covid-19 7 Juli: Bertambah 1.268, Total Kasus Positif Jadi 66.226
Satpol PP Jemput Pedagang Pasar Tolak Dites Covid-19
Dirut KAI Surati Anies Minta Cabut Syarat SIKM Perjalanan Jakarta-Bandung

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami