Kawasan Masjid Syekh Nawawi Tanara Mulai Ditata Menjadi Islamic Center

PERISTIWA » MALANG | 3 Oktober 2019 14:34 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mulai menata kawasan Masjid Syekh Nawawi Tanara, Serang, Banten. Tempat kelahiran Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin tersebut akan disulap menjadi kawasan Islamic Center.

Dirjen Bina Penataan Pembangunan Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan tradisi haul untuk memperingati Syekh Nawawi al-Bantani menjadi magnet banyak orang untuk datang ke Tanara. Kenyamanan pengunjung merupakan salah satu pertimbangan dalam penataan kawasan tersebut.

Selain melakukan penataan kawasan wisata religi, pihaknya akan membangun juga situs-situs Syekh Nawawi. Syekh Nawawi al-Bantani merupakan ulama berkaliber internasional yang pernah menjadi imam Masjidil Haram.

"Kita akan menata kawasan masjid Tanara ini yang sudah perencanaan tahun lalu bahwa kita akan merapikan kawasan ini karena masjid ini sering dilakukan haul dan menampung orang yang banyak," kata Diana saat peletakan batu pertama pembangunan kawasan Masjid Syeh Nawawi Al Bantani di Tanara, Serang, Kamis (3/10).

Sejauh ini, lanjut dia, sarana kurang memadai. Mulai dari ketersediaan dan kebersihan toilet, kebersihan lingkungan masih kurang memadai. "Sampah berserakan di mana-mana kemudian masuk ke toilet gelap dan kotor, pesing, airnya enggak ada," jelasnya.

Diana menyampaikan, ada tiga proyek pembangunan yang sedang dikerjakan di Serang, di antaranya kawasan religi Syekh Nawawi Tanara, pusat kajian kitab kuning dan wisata air Sungai Ciujung.

"Masjid itu merupakan cagar budaya kita tidak sentuh hanya penataan kawasan dan jalan. Nanti akan ada pembinaan khusus teknis di lapangan terutama untuk menjaga kondusifitas di kawasan ini," katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin berjanji akan menyulap tempat kelahirannya di Tanara, Serang, Banten tersebut menjadi tempat wisata religi dan Islamic Center.

Baca juga:
2 Tempat Ibadah Ini Jadi Simbol Mesranya Seabad Kerukunan Umat Beragama di Malang
Taman Quran, Pesona Baru Dubai yang Wajib Dikunjungi
Lebih Dekat dengan Masjid Laleli di Turki yang Dikunjungi Dimas Seto dan Arie Untung
Bukan Hanya di Indonesia, Masjid Kubah Emas Juga Ada di Singapura
6 Masjid Favorit Umat Islam Saat Berkunjung ke New Zealand

(mdk/ray)