Kazakhstan Akan Bebaskan Visa untuk WNI

PERISTIWA | 25 September 2019 06:59 Reporter : Ramadhian Fadillah

Merdeka.com - Kazakhstan dan Indonesia sepakat untuk meningkatkan konektivitas antara kedua negara. Pemerintah Negara Asia Tengah ini akan segera membebaskan visa untuk warga Indonesia yang berkunjung.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon usai bertemu Wakil Ketua Senat Kazakhstan Askar Shakirov. Pertemuan bilateral ini digelar di sela-sela 4th Meeting of Speaker of Eurasian Parlemens, Selasa (24/9) di Nur Sultan, Kazakhstan.

"Ini langkah yang sangat bagus untuk meningkatkan hubungan kedua negara. Sebelumnya pemerintah Indonesia sudah memberikan bebas visa untuk kunjungan WN Kazakhstan," kata Fadli Zon.

WNI bisa mengunjungi Kazakhstan selama 30 hari tanpa visa. Menyusul Uzbekistan yang memberlakukan bebas visa untuk WNI lebih dulu.

DPR berharap hal ini bisa meningkatkan kerja sama dua negara. Fadli menilai ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan lagi dari kerja sama Indonesia dan Kazakhstan.

"Pariwisata, pendidikan dan infrastruktur. Kazakhstan memiliki infrastruktur yang dibangun dengan bagus," kata dia.

Untuk menunjang kunjungan dari Kazakhstan ke Indonesia dan sebaliknya, Fadli menilai perlu ada penerbangan langsung antara kedua negara. Saat ini kendala sulitnya faktor penerbangan menjadi salah satu penghambat utama.

Kazakhstan memiliki wisata sejarah, budaya dan alam yang khas. Sebagai sesama negara Muslim, wisatawan Indonesia tak akan kesulitan mencari pariwisata halal di Kazakhstan. (mdk/cob)

Baca juga:
VISA adalah Surat Izin Masuk ke Suatu Negara, Ini Daftar Negara Bebas VISA 2019
Jepang Kembali Jadi Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia
Israel tolak visa WNI, Menlu sebut 'Negara berhak memberi, menolak dan menunda'
Panas dingin hubungan Indonesia-Israel soal visa
WNI dilarang ke Israel, Menag tegaskan kota suci milik dunia
Brasil sepakati persetujuan bebas visa dengan Indonesia
DPR dan Menkum HAM sepakat evaluasi Perpres bebas visa kunjungan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.