Kebakaran di RS Siloam Palembang, Peralihan Arus Listrik Picu Alat USG Meleleh

Kebakaran di RS Siloam Palembang, Peralihan Arus Listrik Picu Alat USG Meleleh
RS Siloam Palembang Terbakar. Irwanto
NEWS | 5 Juli 2022 15:04 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Penyebab kebakaran Rumah Sakit Siloam Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) diduga korsleting. Alat medis USG meleleh ketika peralihan arus listrik dari genset ke PLN.

"Peralihan arus listrik dari genset ke PLN memicu alat medis berupa USG ngelonyot (meleleh), dan terjadi kebakaran karena alat USG itu membutuhkan voltase besar. Tapi kita tunggu hasil pemeriksaan tim Labfor," kata Kanit Reskirm Polsek Ilir Barat I Iptu Apriansyah, Selasa (5/7). Dikutip dari Antara.

Tim Bidang Laboratorium Forensik (Labfor) Kepolisian Daerah Sumsel melakukan penyelidikan lanjutan untuk mencari penyebab kebakaran rumah sakit yang berada di Jalan POM IX, Ilir Barat I.

Pantauan di lokasi penyelidikan sudah berlangsung sekitar lebih dari satu jam. Setibanya tim Labfor di lokasi sejak pukul 10.38 WIB didampingi Satreskrim Polrestabes Palembang dan Unit Reskrim Polsek Ilir Barat I.

Tampak tim Labfor yang berjumlah sekitar lebih dari tiga orang tersebut memeriksa secara seksama titik kebakaran di ruang Poli rawat jalan kebidanan lantai dua RS Siloam Sriwijaya itu.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa atas kebakaran itu dan operasional pelayanan medis di rumah sakit sudah berlangsung normal kembali.

Sebelumnya, Direktur RS Siloam Sriwijaya Bona Fernando mengatakan seorang perawat secara tidak sengaja melihat asap di ruangan pelayanan Poli rawat jalan yang sudah tutup jam operasionalnya, Senin (4/7) malam sekitar 21.00 WIB.

Dari kejadian tersebut, perawat dan petugas RS menghidupkan alarm kebakaran lalu mengevakuasi para pasien berjumlah sekitar puluhan orang itu keluar dari gedung.

Pada proses evakuasi perawat RS mengutamakan pasien rawat inap kritis ICU diantaranya yang menempati ruang perawatan di lantai empat, dan lima.

Pasien yang terdiri atas ibu, anak-anak, dan lanjut usia dievakuasi keluar gedung, bahkan beberapa di antaranya membawa beserta ranjang, kursi roda dan terinfus.

Mereka ditempatkan di areal parkiran gedung RS yang bersebelahan dengan Stadion Bumi Sriwijaya dan Palembang Square Mal, setelah kondisi sudah kondusif sekitar pukul 00.15 WIB para pasien kembali menempati ruang perawatan masing-masing yang telah disiapkan.

Petugas keamanan PS Mal Okta menyebutkan sempat mendengar suara ledakan dan pecahan kaca dari arah lantai dua gedung.

"Ada ledakan dan pecahan kaca," kata dia, selang beberapa saat polisi dan petugas pemadam kebakaran tiba mengatasi kejadian tersebut. (mdk/cob)

Baca juga:
Potret Pasien RS Siloam Palembang Dievakuasi saat Kebakaran
RS Siloam Palembang Terbakar, Pasien Dievakuasi ke Area Parkir
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Kebakaran SPBU pada 1 Juli 2022 Efek Bayar Pakai HP
Ruko di Roxy Mas Kebakaran, Satu Orang Sempat Terkepung Api
Tempat Penampungan Sampah di Hotel Jemaah Haji Terbakar, Diduga dari Puntung Rokok
Anies Baswedan Mulai Bangun Kampung Gembira Gembrong dengan Biaya Rp7,6 M

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini