Kebakaran Hanguskan Puncak Gunung Ile Mandiri Flores Timur

PERISTIWA | 19 September 2019 16:18 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Kepolisian Resor Flores Timur menyelidiki kasus kebakaran di puncak Gunung Ile Mandiri yang tak jauh dari ibu kota Flores Timur, Kota Larantuka. Akibat kebakaran tersebut, puncak gunung hangus.

"Saat ini kami sedang menyelidiki kasus Karhutla yang terjadi beberapa hari yang lalu di puncak Gunung Ile Mandiri," kata Kapolres Flores Timur AKBP Deni Abrahams, Kamis (19/9). Dikutip dari Antara.

Kapolres mengatakan bahwa penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres setempat terus berusaha mencari siapa dalang dibalik kebakaran hutan dan lahan tersebut. "Satreskrim saat ini sedang bekerja keras mencari pelakunya," tutur dia.

Gunung Ile Mandiri di Larantuka terkena dampak kebakaran yang mengakibatkan puncak gunung nyaris ludes dilahap si jago merah.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur Paulus Igo Geroda mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi mulai Senin (16/9) siang dan masih terus berlangsung sampai dengan saat ini.

Dia menjelaskan kondisi lahan yang kering akibat musim kemarau disertai angin yang kencang di wilayah ketinggian mengakibatkan areal kebakaran semakin meluas dengan cepat.

Baca juga:
1 Orang Ditetapkan Tersangka Kasus Pembakaran Hutan Lindung di Flores Timur
Polisi Tangkap 1 Terduga Pembakar Lahan di Indragiri Hilir
Kisah Bayi di Pekanbaru Meninggal Dunia Diduga Korban Asap
Lahan Sawit di Labuhan Batu dan Semak di Tepi Danau Toba Terbakar
Pemerintah Didesak Buka Data Perusahaan Pembakar Lahan di Riau dan Kalimantan
Dua Pekan Dikepung Kabut Asap Karhutla, 1.072 Warga Berau Derita ISPA

(mdk/cob)