Kebakaran Lereng Gunung Wilis Merembet Hingga Wilayah Ponorogo

PERISTIWA | 25 Oktober 2019 20:28 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Lereng Gunung Wilis yang terbakar merembet hingga wilayah hutan di Ponorogo. Tepatnya hutan di wilayah Kecamatan Pudak, Ponorogo. Kebakaran yang menerjang hutan di Pudak masih terjadi sejak Senin (21/10) hingga Jumat (25/10).

"Kebakarannya sejak Senin. Sudah 5 hari ini. Sampai saat ini atau sekitar pukul 16.10 WIB masih terbakar," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono.

Dalam 4 hari, lahan yang terbakar sudah mencapai 16 Hektare. Budi menuturkan, kemungkinan besar luas lahan terbakar masih bertambah. Apalagi melihat angin yang masih bertiup kencang.

"16 Hektare itu data yang kami update. Masih berpotensi bertambah," jelas Budi.

Menurutnya, 16 Hektare lahan terbakar adalah lahan yang ditanami pinus dan karet. "Pinus dan karet. Lahan milik warga," beber mantan Kasubag Humas Pemkab Ponorogo ini.

Hingga kini, petugas dari BPBD, Polsek Pudak dan Koramil Pudak sudah melakukan penanganan. Dia menyebut jika sudah membuat ilaran (teknis untuk kebakaran tidak melebar).

"Kami buat ilaran. Sambil terus kami lakukan pemadaman. Dan pemantauan apakah mendekati ke rumah penduduk atau tidak. Sampai saat ini masih 7 Km dari rumah penduduk," katanya.

Dia mengaku jika kebakaran hutan juga melanda di Desa Klepu, Sooko, Ponorogo. "Kalau yang Sooko sudah padam tadi pagi," terangnya.

Dia mengatakan untuk kebakaran hutan di Desa Klepu cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, kebakaran hutan sudah cukup dekat dengan rumah penduduk. "Kurang 3 Kilometeran lagi. Makanya tenaga kami cukup terkuras juga di Desa Klepu," jelasnya.

Dia mengatakan, penyebab kebakarannya baru bisa teridentifikasi di Desa Klepu. Putung rokok menjadi penyebab kebakaran lahan tersebut.

"Lalu melebar karena terkena angin. Untuk yang Klepu luas yang terbakar 6 sampai 7 hektare. Pinus juga," tandas Budi. (mdk/ray)

Baca juga:
Gunung Guntur Masih Terbakar, Pendakian Ditutup Sementara
150 Hektare Lahan di Taman Nasional Gunung Ceremai Hangus Terbakar
Lokasi Sulit Dijangkau, Kebakaran Gunung di Karawang Hanguskan 50 Hektare
Sepanjang 2019, 857 Ribu Hektar Lahan Terbakar di Seluruh Indonesia
Luas Terdampak Kebakaran Hutan di Kawasan Semeru Capai 115 Hektar

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.