Kebakaran lereng Merbabu mulai menjalar ke Boyolali

PERISTIWA | 21 Agustus 2015 12:53 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kebakaran hutan di lereng Gunung Merbabu Magelang, mulai menjalar ke wilayah Kabupaten Boyolali. Api diperkirakan mulai memasuki wilayah sejumlah desa di Kecamatan Selo sejak Kamis (20/8) malam. Sejumlah saksi mengatakan api yang menjalar masih kecil dan belum membahayakan.

"Api mulai menjalar ke sejumlah dukuh di Citran, Desa Jrakah, desa Gritingan, Selo, Boyolali sejam tadi malam. Kira-kira habis Magrib. Dari kemarin sudah ada ratusan relawan yang naik untuk memadamkan api," ujar Syamsuri, anggota Tim SAR Barameru, Boyolali, kepada merdeka.com, Jumat (21/8).

Petugas jaga Polsek Selo, Boyolali, Aiptu Murtijo membenarkan terjadinya kebakaran tersebut. Menurut dia, tim dari TNI dan Polri sudah diterjunkan untuk membantu memadamkan api. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD dan relawan untuk mengatasi kebakaran agar tidak meluas.

"Ini tadi Pak Dandim (Komandan Kodim Boyolali) memimpin ke atas. Sampai sekarang belum balik. TNI dan Polri sudah bersama-sama naik memadamkan api," katanya.

Dia menambahkan, pasukan Dalmas dari Polres Boyolali direncanakan akan menyusul menggantikan petugas pagi. Menurut dia sejumlah wilayah yang mengalami kebakaran ada di daerah Dukuh Tritis, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali.

"Apinya masih kecil belum membahayakan, semoga cepat padam," pungkasnya.

(mdk/hhw)