Kecelakaan Tewaskan 5 Orang di Banten, Sopir Bus Kramat Djati Ditangkap

Kecelakaan Tewaskan 5 Orang di Banten, Sopir Bus Kramat Djati Ditangkap
PERISTIWA | 20 Maret 2020 15:21 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Diduga terlibat dalam kecelakaan maut antara bus ALS dan truk trailer di Jalan tol Tangerang - Merak pada Selasa (17/3), Polda Banten menangkap dan menetapkan sopir bus Kramat Djati sebagai tersangka. Tersangka berinisial Y ditangkap oleh jajaran Ditlantas Polda Banten di Bandung, Jawa Barat.

"Alhamdulillah satu dari dua TO (Target Operasi) kita sudah berhasil ditangkap di wilayah Bandung yaitu sopir bus Kramat Djati. Tentunya satu orang lagi yakni sopir bus ALS yang identitasnya sudah kita kantongi mudah-mudahan dalam waktu dekat akan berhasil ditangkap juga," kata Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, Jumat (20/3).

Wibowo mengatakan, pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap sopir bus ALS yang kabur sesaat setelah terjadi kecelakaan yang menewaskan 5 orang tersebut.

"Kita juga minta kepada sopir bus ALS agar segera menyerahkan diri, kooperatif atas apa yang sudah menjadi tanggung jawab yang telah dilakukannya,"kata Wibowo.

1 dari 1 halaman

Sementara untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, sopir bus Kramat Djati dikenakan Pasal 312 Undang-undang Lalu Lintas Tahun 2009 dengan ancaman penjara 3 tahun dan denda maksimal Rp75 juta.

"Kemudian untuk sopir ALS nanti akan kita kenakan pasal 310 Undang-undang Lalu Lintas Tahun 2009," jelas Dirlantas.

Diberitakan sebelumnya, Bus ALS menabrak sebuah kontainer di KM 94 tol Tanggerang - Merak, tepatnya di daerah, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon Banten. Akibat dari kecelakaan tersebut, 5 orang penumpang bus tewas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa tersebut terjadi pada, Selasa (17/3), Dini hari. Bus ALS dengan nomor polisi BK 7730LF terlibat kecelakaan dengan truk kontainer dengan nomor polisi B 9485 FEH.

Kedua kendaraan tersebut melaju dari arah bersamaan dari arah Merak menuju Jakarta. Kecelakaan hebat itu menewaskan empat orang penumpang dan seorang kernet bus ALS.

Utin (23), sopir truk kontainer mengaku terkejut saat kendaraan yang dikemudikannya ditabrak oleh bus ALS dengan kecepatan tinggi.

"Saya baru masuk tol Cilegon Barat, jalan biasa dan langsung ambil jalur kiri karena muatannya berat. Tiba-tiba di tabrak dari belakang kayaknya bus ALS balapan dengan bus lain dengan kecepatan tinggi," ungkap Utin. (mdk/rnd)

Baca juga:
Bus ALS Tabrak Truk Kontainer di Tol Tangerang-Merak, 5 Tewas
Tak Gunakan JPO, Anak 11 Tahun Tewas Tertabrak Transjakarta
Pulang Study Tour dari Bali, Bus Rombongan SMK Kecelakaan dan Dua Orang Tewas
Bus Seruduk Truk di Tol Medan-Tebing Tinggi, 1 Orang Tewas dan 6 Terluka
Terhantam Kereta, Bus Maut Terbelah dan Tewaskan 18 Penumpang di Pakistan
Kecelakaan Tewaskan 35 Orang, Pemilik Bus Sriwijaya Jadi Tersangka

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami