Kegiatan Sekolah di Wamena Mulai Normal, Siswa Diberikan Trauma Healing

PERISTIWA | 9 Oktober 2019 21:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kegiatan sekolah Wamena mulai berangsur normal. Namun, pelajar tidak langsung disuguhkan kegiatan belajar mengajar, melainkan aktivitas trauma healing untuk memulihkan kondisi psikologis mereka yang terguncang akibat kerusuhan beberapa waktu lalu.

"Kegiatan bersekolah mulai aktif kembali sejak Senin pekan ini, dan lebih banyak difokuskan pada aktivitas pemulihan trauma," tulis Sekretaris Dinas Pendidikan Jayawijaya, Bambang Budiandoyo lewat siaran pers diterima, Rabu (9/10).

Bambang mengatakan, pelajar dan guru mengajar memang belum 100 persen kembali seperti sedia kala. Sebagian dari mereka masih berada di kampung asalnya masing-masing. Kendati atas kesepakatan pemerintah daerah dengan seluruh kepala sekolah, komite sekolah, dan juga seluruh kepala distrik kegiatan sekolah diputuskan dimulai sejak awal pekan ini.

"Bagaimanapun sekolah harus segera dibuka, meskipun belum langsung belajar. Kegiatan utamanya masih bersifat rekreatif, pendataan siswa dan guru yang datang. Pemulihan trauma siswa jadi fokus utama sekolah," lanjut Bambang.

Sebagai informasi, Dinas Pendidikan Jayawijaya mendapat bantuan dari Kementerian Sosial dalam memulai program penanganan trauma. Selain itu, ada juga bantuan dari Wahana Visi Indonesia (WVI) yang menurunkan tujuh orang tenaga ahli penanganan rasa trauma kepada pelajar di tingkat SD hingga SMA.

"Kami memiliki teman-teman guru dari Indonesia Cerdas berjumlah 30 orang yang siap didistribusikan ke sekolah-sekolah yang kekurangan guru bisa mendorong proses belajar-mengajar," Bambang menandasi.

Menurut data dinas pendidikan Kabupaten Jayawijaya di Wamena total 61 sekolah, dengan 25 sekolah dari berbagai jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK yang terkena dampak atau mengalami kerusakan. Sementara itu tingkat kehadiran pelajar masing-masing masih di angka 20 persen.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
TNI Kerahkan Hercules dan Helikopter Angkut Pengungsi Kembali ke Wamena
Ratusan Pengungsi di Jayapura Kembali ke Wamena Menumpang Hercules
Selain Temui Pengungsi, Kapolri & Panglima TNI Bakal Tinjau Arena PON XX di Timika
Cerita Perantau Trauma Kembali ke Wamena usai Tempat Usaha Ludes Dibakar Massa
Polri Sebut Situasi di Wamena Papua Sudah Kondusif
Pemerintah 'Tancap Gas' Pulihkan Wamena

(mdk/eko)