Kejagung Janji Transparan Usut Jaksa Pinangki, Ada Dugaan Aliran Dana Djoko Tjandra?

Kejagung Janji Transparan Usut Jaksa Pinangki, Ada Dugaan Aliran Dana Djoko Tjandra?
PERISTIWA | 4 Agustus 2020 13:47 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) terus mengusut keterlibatan Jaksa Pinangki Sirna Malasari dalam pelarian buronan Djoko Tjandra. Termasuk dugaan adanya aliran dana yang mengalir ke Jaksa Pinangki.

"Apakah Jaksa P terima atau tidak di sisi pidana, kami perdalam juga. Semua masih kita dalami dari hasil pemeriksaan di pengawasan," kata Direktur Penyidikan (Dirdik) Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Febri Adriansyah di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (4/8).

Terkait dugaan aliran dana, lanjut Febri, tidak menutup kemungkinan Kejagung akan menggandeng KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Ia memastikan pihaknya akan transparan terhadap hasil penyelidikan terhadap koleganya tersebut.

"(Koordinasi dengan KPK) Kita akan perdalam dulu, yang jelas kita akan transparan, yang jelas kita sudah tindak Jaksa P tersebut. Dan tentunya ini juga akan kita putuskan apakah Jaksa P juga terlibat atau tidak di sisi pidanannya, tentunya dari kita akan kita perdalam," tegasnya.

Febri menyebut saat ini belum diketahui bantuan dalam bentuk seperti apa yang diberikan Jaksa Pinangki dalam pelarian Djoko Tjandra. Karena, berkas pemeriksaan milik Jaksa Pinangki baru saja sampai ke Direktorat Penyidikan.

"Seperti yang sampaikan, karena kita juga baru sampai berkas tersebut di Direktorat Penyidikan kemarin, kita belum juga tahu bagaimana apa yang sudah menjadi pegangan rekan-rekan Jaksa pemeriksa di pengawasan. Sehingga sudah dapat dijatuhi hukuman disiplin tadi, nah ini yang akan kita semua perdalam. Saya kira tidak lama, beberapa hari nanti dari rekan-rekan Jaksa Pidsus sudah ada pendapat," tutupnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) telah melakukan pemeriksaan terkait foto dan video yang memperlihatkan pertemuan seorang jaksa perempuan bersama dengan Anita Kolopaking dan seorang laki-laki yang diduga terpidana Djoko Soegiarto Tjandra. Hasilnya, ditemukan bukti permulaan adanya pelanggaran disiplin yang dilakukan Dr Pinangki Sirna Malasari, SH. MH.

Berangkat dari bukti permulaan itu, kemudian dilakukan inspeksi kasus. Hasilnya, jaksa yang bertugas sebagai Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung muda terbukti melakukan pelanggaran disiplin pegawai negeri sipil.

"Bahwa berdasarkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) inspeksi kasus atas nama terlapor Dr. Pinangki Sirna Malasari SH.MH. Jaksa Madya (IV/a) NIP. 198104 21 200501 2009 Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung muda Pembinaan terbukti melakukan pelanggaran disiplin pegawai negeri sipil," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Hari Setiyono dalam keterangannya, Rabu (29/7) malam.

Baca Selanjutnya: Hukuman Disiplin Tingkat Berat...

Halaman

(mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami