Kejagung Kirim 23 Jaksa Ikut Seleksi Penyidik KPK

Kejagung Kirim 23 Jaksa Ikut Seleksi Penyidik KPK
PERISTIWA | 27 Oktober 2020 16:46 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginformasikan Kejaksaan Agung (Kejagung) telah mengirimkan 23 jaksa untuk mengikuti seleksi sebagai jaksa penuntut umum (JPU) sekaligus penyelidik dan penyidik KPK.

"Sejauh ini, pihak Kejaksaan Agung sudah mengirimkan 23 personel jaksa untuk ikut seleksi sebagai JPU KPK yang sekaligus juga sebagai penyelidik dan penyidik KPK," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, di Jakarta, dilansir Antara, Selasa (27/10).

Ali mengatakan 23 jaksa yang dikirim mengikuti seleksi itu atas permintaan KPK sendiri untuk nantinya dapat memperkuat bidang penindakan. Ia mengatakan proses seleksi terhadap 23 jaksa itu akan digelar pada pertengahan November 2020.

"Tes seleksi akan dimulai sekitar pertengahan November 2020 meliputi asesmen oleh pihak ketiga yang independen, (tes) kesehatan, dan (tes) wawancara," ujar Ali.

Sebelumnya, Deputi Penindakan KPK Karyoto mengaku lembaganya saat ini membutuhkan penambahan sekitar 100 personel untuk memperkuat bidang penindakan.

"Tuntutan kebutuhan di Direktorat Penyidikan, Penyelidikan, dan Penuntutan, kami secara renstra (rencana strategis) masih ada penambahan 100 personel itu diperuntukkan bisa untuk misalnya spesialis asset tracing, korwil, penyidik maupun penyelidik, dan penuntut," kata Karyoto, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (22/10).

Namun, kata dia, KPK akan memprioritaskan penambahan personel tersebut untuk bagian penyidikan dan penuntutan.

"Memang yang kami pilih berdasarkan prioritas adalah dua, penyidikan dan penuntutan," kata dia. (mdk/eko)

Baca juga:
Berkas Penyidikan Lengkap, Tersangka Korupsi RTH di Bandung Segera Disidang
KPK Imbau Istana Lapor Penerimaan Gratifikasi Sepeda Lipat untuk Jokowi
Dalami Korupsi e-KTP, KPK Panggil Eks Ketua Komisi II Chairuman Harahap
KPK Ingatkan Gubernur NTB Selesaikan Aset Bermasalah di Gili Trawangan
Eks Legislator Kota Bandung Divonis 6 Tahun Atas Korupsi RTH

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami