Kejagung Periksa Dirlantas Bea Cukai Batam Terkait Korupsi Impor Tekstil

Kejagung Periksa Dirlantas Bea Cukai Batam Terkait Korupsi Impor Tekstil
PERISTIWA | 7 Agustus 2020 18:29 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) memanggil Direktur Lalu Lintas Perdagangan Badan Pengelola Kawasan Berikat Batam, Purnono Andiantomo terkait kasus dugaan korupsi import tekstil di Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Pemeriksaan satu orang saksi yang terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam importasi tekstil pada Dirjen Bea Dan Cukai Tahun 2018-2020," tutur Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono dalam keterangannya, Jumat (7/8).

Menurut Hari, pemeriksaan tersebut dilakukan guna mencari serta mengumpulkan bukti tentang tata laksana proses importasi barang komoditas dagang dari luar negeri. Khususnya untuk tekstil dari India yang mempunyai pengecuali tertentu dengan barang importasi lainnya.

"Serta mencari fakta bagaimana proses pengangkutan barang import yang dilakukan oleh para pengusaha ekspedisi laut dalam kawasan berikat Batam yang merupakan wilayah pengawasan Badan Pengelola Kawasan Berikat Batam," jelas dia.

Hari menegaskan, pemeriksaan saksi masih dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19.

"Memperhatikan jarak aman antara saksi dengan penyidik yang sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, serta bagi saksi wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan," Hari menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami