Hot Issue

Gedung Kejaksaan Agung: Tahun 2000 Teror Bom, 2020 Kebakaran

Gedung Kejaksaan Agung: Tahun 2000 Teror Bom, 2020 Kebakaran
PERISTIWA | 24 Agustus 2020 08:47 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Kebakaran hebat menghabiskan gedung utama Kejaksaan Agung. Kebakaran itu di saat Kejagung sedang mengusut sejumlah kasus besar, salah satunya terkait Djoko Tjandra.

Masyarakat pun banyak berspekulasi dengan kebakaran yang menghabiskan gedung enam lantai itu. Anggota komisi III Wihadi Wiyanto menduga penyebabnya bisa karena kesengajaan. Dia mendorong pihak kepolisian mengungkap apa yang sesungguhnya terjadi.

"Perlu diselidiki apakah itu memang ada kesengajaan atau benar-benar terbakar," ujar Wihadi dalam siaran pers.

Politikus Partai Gerindra ini menilai, perlu segera diungkap penyebabnya. Karena kebakaran terjadi disaat Kejaksaan Agung menangani kasus yang menjadi sorotan. Seperti kasus Djoko Tjandra dan kasus Jiwasraya.

Namun, pemerintah meminta saat ini publik tak perlu berspekulasi dahulu. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menegaskan, pemerintah tidak akan menutupi pengungkapan kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung. Terlebih, saat ini era keterbukaan publik.

"Agar masyarakat tenang mengikuti dan mengawasi penanganan kasus kebakaran ini. Silakan, pemerintah tidak bisa menghalang-halangi orang mencari informasi. Sekarang sudah tidak mungkin kita menggunakan cara-cara ci luk ba," tutur Mahfud dalam konferensi pers virtual.

Mahfud enggan mengikuti arus. Tak ingin terbawa spekulasi mengenai penyebab kebakaran Gedung Kejagung yang dikaitkan oleh penanganan kasus yang tengah ditangani Kejagung.

"Pemerintah tidak mengaitkan dengan kasus-kasus tertentu karena nanti spekulatif. Ditunggu saja. Pemerintah transparan dan bisa diawasi. Tetapi jangan berspekulasi," jelas dia.

Baca Selanjutnya: Teror Bom...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami