Kejar Target Vaksinasi, Pemkab Bekasi Lipat Gandakan Nakes di Puskesmas

Kejar Target Vaksinasi, Pemkab Bekasi Lipat Gandakan Nakes di Puskesmas
Tenaga kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori
NEWS | 5 Agustus 2021 22:30 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Pencapaian vaksinasi di Kabupaten Bekasi baru mencapai 22 persen dari target. Untuk mempercepat program itu, pemerintah setempat berencana menambah tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas hingga menjadi 2 atau 3 kali lipat dari jumlah yang ada saat ini.

"Kami akan merekrut relawan nakes untuk menambah kuota 2 sampai 3 kali lipat dari nakes yang ada di Puskesmas," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Kamis (5/8).

Dani mengatakan, penambahan tenaga kesehatan di puskesmas iotu juga untuk mengoptimalkan layanan reguler. Sebabnya, menurut dia, salah satu permasalahan penanganan Covid-19 adalah kurangnya tenaga vaksinasi di tiap desa, sehingga membuat vaksinasi kurang optimal.

"Kabupaten Bekasi sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi untuk mengejar target herd immunity yang kuat, sehingga kita butuh nakes untuk menyuntikkan vaksin Sinovac maupun AstraZeneca yang disediakan oleh TNI dan Polri untuk desa," jelas Dani.

Anggaran untuk menambah tenaga kesehatan ini bersumber dari refocusing APBD Perubahan Kabupaten Bekasi 2021. Hal ini dilakukan supaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Bekasi lebih maksimal.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, capaian vaksinasi di wilayahnya baru 22 persen untuk dosis pertama, sedangkan dosis kedua baru 10 persen. Total 2,4 juta jiwa di daerah ini yang ditargetkan mendapatkan suntikan vaksin.

"Kami yakin bisa tercapai target 50 persen pada Agustus ini," kata Alamsyah. (mdk/yan)

Baca juga:
Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga di RSUD Matraman
CEK FAKTA: Hoaks Direktur Pusat Pengendalian Virus AS Sebut Vaksin Covid-19 Gagal
Kemenkes Susun Strategi Penyuntikkan 300 Juta Vaksin Covid-19
Italia Wajibkan Guru Punya Sertifikat Vaksin Sebelum Mengajar di Kelas
Moderna Klaim Vaksinnya 93 Persen Masih Efektif Setelah Enam Bulan dari Dosis Kedua
Momen Lucu Pak Menteri Dicubit Istri, Ramai Dikomentari Artis

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami