Kejati Benarkan Jaksa Terjaring OTT KPK Bertugas di Yogyakarta

PERISTIWA | 20 Agustus 2019 14:36 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Seorang jaksa yang bertugas di wilayah Kejaksaan Yogyakarta diciduk KPK dalam OTT pada Senin (19/8). Selain seorang jaksa, KPK juga menangkap seorang pengusaha dan pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di Yogyakarta.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Ninik Rahma Dwihastuti membenarkan jika jaksa yang ditangkap OTT KPK bertugas di Kejari Kota Yogyakarta. Jaksa itu disebut Ninik sebagai jaksa fungsional.

"Memang benar pada Senin 19 Agustus telah terjadi pada anggota kami di Kejari Yogyakarta tertangkap tangan. Anggota berinisial ES. ES adalah jaksa fungsional di Kejari Yogyakarta," ujar Ninik di Kejati DIY, Selasa (20/8).

Ninik menjelaskan jika ES pada Senin (19/8) izin untuk tidak ke kantor. ES izin untuk menjenguk anaknya yang sedang sakit di Solo. Izin itu disampaikan ES kepada pimpinannya di Kejari Kota Yogyakarta.

Ninik memastikan kasus yang menjerat ES perbuatan pribadi. Ninik menegaskan apa yang dilakukan oleh ES tak memiliki sangkut paut dengan pihak Kejaksaan.

"Ini perbuatan pribadi. Enggak ada sangkut pautnya dengan kejaksaan. Tidak diketahui oleh pimpinan. Kami prihatin atas kejadian ini. Kami mohon maaf pada masyarakat. Ini adalah perbuatan oknum pribadi dari salah satu staf kejaksaan di Yogyakarta," tegas Ninik.

Ninik juga membantah jika OTT KPK terhadap ES berhubungan dengan tugas ES di Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (T4PD). Ninik menerangkan saat ini pihak Kejati DIY masih menunggu perkembangan kasus yang melibatkan ES.

"Tidak ada hubungannya T4PD. Dia (ES) tak dalam konteks perkara. Saat ini kami masih menunggu pendalaman kasusnya," pungkas Ninik.

Baca juga:
Terkait OTT Jaksa di Yogya, KPK Segel Sebuah Rumah di Solo
Jaksa Terjaring OTT di Yogyakarta Dibawa Ke Gedung KPK
KPK Segel 3 Lokasi Terkait OTT Jaksa di Yogyakarta, Salah Satunya Kantor Dinas PU
OTT Jaksa di Yogya, KPK Numpang Periksa 5 Orang di Polres Surakarta
OTT Jaksa Kejari Yogya Berkaitan dengan Proyek yang Diawasi TP4D

(mdk/ray)