Kejati Sumsel Periksa 65 Saksi Dugaan Korupsi Pembangunan Masjid Sriwijaya

Kejati Sumsel Periksa 65 Saksi Dugaan Korupsi Pembangunan Masjid Sriwijaya
Lokasi pembangunan Masjid Sriwijaya. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 24 Februari 2021 00:00 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Sumsel) telah memeriksa 65 saksi dalam tiga pekan penyelidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya. Namun belum ada tersangka yang ditetapkan.

Kasi Penkum Kejati Sumsel Khaidirman mengungkapkan, 65 saksi yang diperiksa terdiri dari mantan pejabat, pejabat aktif di Pemprov Sumsel, pengelola Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya, hingga kontraktor. Jumlah saksi kemungkinan akan bertambah seiring pendalaman yang dilakukan.

"Sampai kemarin sudah ada 65 saksi yang diperiksa, tapi belum ada tersangka yang akan ditetapkan," ungkap Khaidirman, Selasa.(23/2).

Menurut dia, penetapan tersangka tak bisa terburu-buru tanpa dilengkapi bukti yang cukup. Karena itu, mereka terus menelusurinya. "Nanti kita tunggu aja dulu," kata dia.

Terkait kerugian negara, Khaidirman enggan menyebutkannya dengan dalih masuk dalam materi perkara. Namun penyidik menilai telah terjadi tindak pidana korupsi dalam proyek dengan dana Rp130 miliar dari APBD Sumsel pada 2015 dan 2017.

"Untuk materi perkara tidak bisa kami ungkapkan, hanya penyidik yang tahu," kata dia.

Khaidirman menyebut, pihaknya akan kembali memanggil pihak-pihak yang dinilai mengetahui proses pembangunan masjid yang diproyeksikan menjadi yang terbesar dan termegah di Asia itu. Dia meminta wartawan menunggu pemanggilannya.

"Tidak bisa berbicara tentang si A, B, atau C, itu aja. Nanti jika sudah dipanggil baru ketahuan, tidak bisa berandai-andai," tutupnya. (mdk/yan)

Baca juga:
1 ASN dan 2 dari Swasta Jadi Tersangka Korupsi Revitalisasi Pasar di Garut
KPK: Hukuman Mati Koruptor Dapat Diterapkan Sesuai Pasal UU Tipikor
Unrealized Loss BPJS Ketenagakerjaan Dinilai Harus Dilihat dari Sisi Pasar Modal
Edhy Prabowo Siap Dihukum Mati Karena Kasus Korupsi: Saya Tidak Akan Lari
2 Tersangka dan Berkas Perkara Korupsi Retribusi Wisata Karangasem Dilimpahkan ke JPU
Kasus Korupsi PEN Pariwisata Buleleng, Satu Staff BKD Kembalikan Duit Rp500.000

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami