Kekurangan Dana, Pembangunan Masjid Raya Sriwedari Molor

PERISTIWA | 19 Juni 2019 10:32 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Harapan masyarakat Kota Solo untuk segera memiliki masjid besar di pusat kota harus tertunda. Pasalnya, pembangunan Masjid Raya Sriwedari yang digadang-gadang sebagai yang terbesar di Kota Bengawan, harus tersendat pengerjaannya.

Bahkan kontraktor pelaksana proyek PT Wijaya Karya (Wika), berencana mengundurkan tenggat penyelesaian pembangunan masjid, hingga tiga bulan dari target awal. Molornya pembangunan masjid tersebut dikarenakan minimnya anggaran.

Manager Proyek Pembangunan Masjid Raya Sriwedari, Agung Budianto mengatakan, pada awalnya pihaknya menjanjikan proyek tersebut akan rampung pada bulan Juni 2020. Menurut dia, terjadinya pelambatan tersebut sudah disampaikan kepada panitia pembangunan masjid.

"Mundurnya proyek ini disebabkan seretnya aliran dana dari panitia. Sebenarnya semua bisa bergerak kalau dana pembangunan ini bisa terkumpul. Sayangnya dananya baru ada Rp26,5 miliar. Padahal total kebutuhan kita Rp165 miliar," jelas Agung, Rabu (19/6).

Agung menyampaikan, akibat kekurangan dana tersebut, pihaknya mengalami defisit anggaran. Menurutnya, saat ini progres pembangunan sudah mencapai 40,07 persen atau senilai sekitar Rp70 miliar.

"Kami saat ini hanya fokus pada pemasangan atap baja, penutupan atap sirap di gedung pengelola dan guest house, menyelesaikan struktur empat menara penunjang dan menara utama. Seharusnya sudah masuk pengerjaan finishing, seperti pemasangan interior kayu, marmer dan granit," jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan MTSS Achmad Purnomo mengaku, tetap optimistis anggaran proyek bisa terkumpul sesuai kebutuhan. Pihaknya tinggal merealisasikan komitmen-komitmen para donatur yang sudah setuju untuk memberikan donasi.

Baca juga:
Dituduh Rusak Taman Sriwedari, Wali Kota Solo Siap Jalani Proses Hukum
Dituduh Rusak Lahan Sriwedari, Wali Kota Solo Dilaporkan ke Polisi
Pengadilan Negeri Solo Siap Eksekusi Lahan Sriwedari
Pembangunan Masjid Raya Sriwedari, sejumlah PKL segera digusur
Pemkot Solo batalkan pembangunan menara Masjid Raya Sriwedari
Pemkot Solo akan restorasi Taman Air Sriwedari

(mdk/cob)