Kelelahan, siswi SD muntah saat dampingi Jokowi resmikan nama pesawat N219

PERISTIWA | 10 November 2017 10:37 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menamakan pesawat N219 menjadi pesawat Nurtanio di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (10/11). Acara ini menghadirkan sedikitnya 50 siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD).

Nahasnya, di acara puncak peresmian, salah satu siswi terlihat muntah. Pantauan merdeka.com, sekira pukul 09.15 WIB, siswi ini berdiri tepat di sisi kanan Jokowi. Diduga, siswi tersebut kelelahan dan tak kuat menahan sengatan panas matahari di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.

Melihat insiden itu, Jokowi memberi isyarat kepada ajudannya untuk segera menangani siswi tersebut. Namun, ajudan tak sadar dengan isyarat Jokowi.

"Sakit, sakit," ujar Jokowi memberikan kode pada ajudan.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang kebetulan mendampingi Jokowi langsung mengambil tindakan. Hadi membopong gadis kecil itu kemudian dibawa ke ruang tunggu.

Perlu diketahui, Jokowi meresmikan pesawat Nurtanio pada pukul 19.12 WIB. Nurtanio diambil dari nama pahlawan dirgantara yakni Laksamana Muda Udara anumerta Nurtanio Pringgoadisuryo.

"Laksamana Muda Udara Anumerta Nurtanio Pringgoadisuryo adalah pahlawan bangsa yang berjuang tanpa pamrih. Seluruh hidupnya didarmabaktikan untuk kedirgantaraan Indonesia," ujarnya.

(mdk/rnd)