Kelompok Kriminal Bersenjata Tembak 2 Warga Papua di Ilaga

Kelompok Kriminal Bersenjata Tembak 2 Warga Papua di Ilaga
Ilustrasi Penembakan. ©2015 Merdeka.com
PERISTIWA | 20 November 2020 23:03 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melakukan aksi penembakan terhadap warga asli Papua. Penembakan dilakukan terhadap dua warga di Distrik Sinak menuju Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (20/11).

Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan, saat ini korban Amanus Murib dalam kondisi kritis, sementara Atanius Murib meninggal dunia.

"Keduanya dilarikan ke Puskesmas Ilaga oleh masyarakat sekitar tempat kejadian. Korban meninggal dunia dengan luka parah sempat ditangani oleh petugas Puskesmas, namun nyawanya tidak tertolong karena terlalu banyak mengeluarkan darah," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/11).

Dari informasi yang beredar dan analisa sementara, dia mengungkapkan, pelaku penembakan diduga KKB. Aksi brutal KKB ini bermotif intimidasi kepada masyarakat karena tidak mendapat dukungan dari warga setempat.

"Aksi KKB kepada warga asli Papua ini disinyalir sebagai upaya untuk memutarbalikkan fakta dengan menuduh apkam sbg pelakunya. Motif pemutarbalikan fakta & playing victim melalui media massa selalu menjadi trik dari kelompok pro KKB dan pendukungnya di dalam & luar negeri untuk menyudutkan pemerintah Indonesia," tutup Suriastawa. (mdk/fik)

Baca juga:
Komnas HAM Temui Jokowi Bahas Temuan Terkait Penembakan di Intan Jaya
TNI Belum Punya Cukup Bukti untuk Tetapkan Tersangka Penembakan Pendeta Yeremia
Kontak Senjata Kembali Terjadi di Intan Jaya Papua, 1 Prajurit TNI Gugur
Polisi Buru SK, Eks Anggota DPRD Intan Jaya Pemesan Senpi ke Personel Brimob
Bupati Intan Jaya Ungkap KKB Paksa Minta Dana Desa untuk Beli Senjata dan Amunisi
Bertemu Mahfud, Komnas HAM Berikan Hasil Investigasi Peristiwa di Intan Jaya

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami