Kelompok Teroris JI Lampung Siapkan Lahan 4 Hektare untuk Ditanam Pohon Kurma

Kelompok Teroris JI Lampung Siapkan Lahan 4 Hektare untuk Ditanam Pohon Kurma
Densus 88 Amankan 791 Kotak Amal Dari Lembaga Amal Kelompok Teroris. ©2021 Istimewa
NEWS | 12 November 2021 16:47 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 antiteror melakukan pendalaman terhadap terduga teroris kelompok Jamaah Islamiyah (JI) bernama IR Suprihadi. Pelaku ditangkap di kawasan Lampung beberapa waktu lalu.

"Pendalaman terhadap IR Suprihadi didapatkan. Pada saat munas Laz Aba 2019 disampaikan sosialisasi program Laz Aba di antaranya terkait pemberdayaan perkebunan kurma," kata Kabagpenum Div Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Jumat (12/11).

Dia menjelaskan, untuk melakukan penanam kurma itu sendiri baru pada tahap proses pembuatan lubang. Tim Densus 88 masih menyelidiki soal perkebunan kurma tersebut.

"Sudah disiapkan lahan tanah wakaf dan 4 hektar lahan rencana akan ditanami pohon kurma di mana 2 hektar merupakan wakaf dari Subiyanto dan 2 Hektare dibeli oleh ABA dari Subiyanto seharga Rp400 juta, namun masih kurang Rp175 juta. (status tanah masih atas nama Subiyanto)," ujar dia.

Untuk letak tanah itu sendiri disebut Ramadhan berada di Tanah Jawa, Gunung Megang, Kecamatan Pulopanggung, Kabupaten Tanggamus.

"Dikelola bukan perusahaan resmi dan tidak berbadan hukum," sebutnya.

Diketahui, Densus 88 antiteror telah menangkap tujuh orang terduga teroris atas nama inisial SU (61), SK (59), DW alias DRS (47), F (34) AA (42), S (47), NA (42) dan P alias Mas PUR Bengkel (40). Mereka yang ditangkap itu di wilayah Lampung di lokasi dan waktu yang berbeda-beda.

(mdk/gil)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini