Keluarga Siapkan Pemakaman Sutopo di TPU Sonoloyu Boyolali

PERISTIWA | 7 Juli 2019 12:04 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Sutopo Purwo Nugroho akan dimakamkan di TPU Sonoloyu, Kecamatan/Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Saat ini keluarga tengah mempersiapkan penyambutan jenazah di rumah duka, Kampung Surodadi RT 07 RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan/Kabupaten Boyolali.

"Kami mendapatkan kabar duka meninggalnya Mas Sutopo dari BNPB RI pada har Minggu pukul 02.00 WIB," ujar adik ipar Sutopo, Ahmad Jatmiko (50) saat ditemui di rumah duka, Minggu (7/7).

Usai mendapatkan kabar tersebut, kedua orang tua Sutopo, Suharsono (75) dan Sri Rusmandari (65) langsung bergegas terbang ke Jakarta. Mereka berangkat melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo, pukul 04.00 WIB untuk mengurus pemulangan jenazah.

"Keluarga sudah sepakat memakamkan beliau di TPU Sonoloyu, Kecamatan/Kabupaten Boyolali, Senin (8/7) besok. Lokasi dari rumah duka sekitar 500 meter," ujarnya.

Selain kedua orang tua, adik kandung Sutopo, Rini Satiti Wulandari juga ke Jakarta untuk membantu proses pemulangan jenazah ke Boyolali.

Dia menekankan, kedua orang tua Sutopo menghendaki agar putranya tersebut dimakamkan di Boyolali. Meskipun istri Sutopo, Retno Utami Yulianingsih menginginkan pemakaman dilakukan di Jakarta.

"Keluarga sudah menyiapkan makam di TPU Sonolayu, penggalian juga sudah selesai. Kami tinggal menunggu kabar dari Jakarta. Dibutuhkan waktu sekitar 9 jam untuk memulangan jenazah dari China ke Indonesia," jelasnya.

Menurut dia, Sutopo terakhir pulang ke kampung halaman sekitar 3 bulan lalu saat bertugas di Yogyakarta. Ia mampir ke rumah bertemu dengan kedua orang tuanya. Sutopo meninggalkan dua anak bernama Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

"Mas Sutopo itu pernah bercerita kalau diam di rumah justru sakitnya terasa. Sehingga dia pilih kerja agar sakitnya itu tidak terasa. Sakit kanker dirasakan Sutopo selama 1,5 tahun," imbuhnya.

Sementara itu hingga Minggu siang, sejumlah tetangga, sukarelawan kebencanaan dan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari Solo Raya tampak melayat dan membantu dalam pemasangan tenda. (mdk/ray)

Baca juga:
Kenangan Jenaka Sutopo, Deklarasi Gabung 'FBI' Bareng Jenderal Mulyono
Jenazah Sutopo Diterbangkan dari Guangzhou China Sore Ini
Jenazah Sutopo Purwo Nugroho akan Dimakamkan di Boyolali
Polri Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Sutopo Purwo Nugroho
Kemlu: Jenazah Sutopo Akan Dipulangkan ke Tanah Air Secepatnya

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.