Keluarga Ungkap Alasan Ustaz Maaher Sempat Minta Dirawat di RS UMMI Bogor

Keluarga Ungkap Alasan Ustaz Maaher Sempat Minta Dirawat di RS UMMI Bogor
Pemakaman Ustaz Maaher At-Thuwalibi. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
NEWS | 9 Februari 2021 19:33 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Keluarga Ustaz Maaher At-Thuwailibi alias Soni Eranata sempat meminta penangguhan penahanan terhadap pihak kepolisian terhadap almarhum. Alasan permintaan tersebut karena sedang dalam pengobatan.

Jamal, selaku kakak dari Ustaz Maaher mengatakan, pihaknya sempat meminta kepada pihak kepolisian agar almarhum dapat dilakukan perawatan di RS Ummi.

"Kita dari pihak keluarga pengennya itu di RS Ummi karena permintaan Ustaz Maaher-nya," kata Jamal saat dihubungi merdeka.com, Selasa (9/2).

Ia pun menjelaskan, kenapa pihak keluarga ingin agar Ustaz Maaher dirawat di RS Ummi. Karena sejak awal pengobatan penyakit yang dideritanya itu ditangani dokter di RS tersebut.

"Kenapa di RS Ummi, karena emang dari awal dia TB Usus dirawat di sana kan, lanjutin yang sudah ada gitu. Enggak harus ada dokter baru, tinggal lanjutin saja permintaan keluarga seperti itu, kuasa hukum juga sudah bantu supaya seperti itu," jelasnya.

Dengan tidak dikabulkannya permintaan itulah, pihak keluarga merasa kurang puas dengan sikap penyidik yang tak memberikan izin atau mengabulkan penangguhan penahanan.

"Sampai beliau meninggal enggak terkabul, mungkin itu yang kurang memuaskan dari sikap penyidik mungkin itu," katanya.

Sebelumnya, Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, Ustaz Maaher At-Thuwailibi alias Soni Eranata tak sakit saat awal dilakukan penahanan. Ustaz Maaher dikabarkan meninggal dunia pada Senin (8/2) kemarin karena sakit yang dideritanya.

"Ketika ditahan kan dia (Maaher) engga sakit, awal ditahan yang bersangkutan tidak dalam kondisi sakit. Sakit itu pada proses penahanan, dalam proses penahanan, menjalani penahanan yang bersangkutan sakit seperti itu," kata Rusdi kepada wartawan, Selasa (9/2).

Ia mengaku, saat Ustaz Maaher mengalami sakit. Pihaknya langsung membawa ke Rumah Sakit Polri untuk mendapatkan perawatan medis.

"Ketika sakit, itupun sudah mendapat perawatan kesehatan di RS Polri sampai lebih kurang 7 hari dirawat di sana. Setelah sehat, kembali lagi ke Bareskrim Polri," ujarnya.

Diserahkan ke Kejaksaan

Ia menyebut, pada 4 Febuari 2021, almarhum sudah diserahkan ke pihak Kejaksaan. Hal ini dikarenakan, berkas perkara milih Ustaz Maaher sudah dinyatakan lengkap.

"Pada tanggal 4 Febuari kemarin telah diserahkan ke Kejaksaan, tanggungjawab tersangka atas nama Soni Eranata itu diserahkan ke Kejaksaan. Pada saat itulah sakit," sebutnya.

Ternyata, saat penyerahan tersangka itulah Ustaz Maaher mengalami sakit. Rusdi mengaku, jika almarhum tidak ingin dibawa ke rumah sakit kembali melainkan ingin tetap berada di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri.

"Sudah diminta untuk dirawat di RS, tapi yang bersangkutan tidak menginginkan ke RS. Dia tetep ingin berada di Rutan Negara Bareskrim, sudah ditawarkan. Tapi sekali lagi yang bersangkutan almarhum tidak menginginkan, dia tetap ingin ada di rutan negara Bareskrim. Seperti itu," tegasnya.

Alasan Dirawat di RS Polri

Jenderal bintang satu ini menjelaskan, alasan pihaknya membawa almarhum ke RS Polri dan bukan ke RS Ummi yang sempat diinginkan. Karena, Ustaz Maaher berstatus sebagai tersangka dan sudah ada ruangan perawatan khusus untuk tersangka.

"Jadi kalau di RS Polri kita sudah punya ruangan khusus, penjagaan khusus dan dokter-dokter nya pun punya kemampuan untuk merawat sebenernya penyakit dari Soni Eranata, pertimbanganya itu. Kalau di RS Polri kan sudah ada, apalagi yang namanya tahanan seperti itu ada ruangan khusus penanganan khusus dan sebagainya. Kalau di Ummi kan belum tentu seperti itu beda dengan RS Ummi dengan RS Polri ketika statusnya adalah sebagai tahanan. Kita udah siapkan semuanya," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Keluarga Ustaz Maaher: Kita Sudah Ikhlas, Kenapa yang Lain Masih Ribet
Keluarga Pastikan Kabar Ustaz Maaher Disiksa Polisi Sebelum Meninggal Hoaks
Ustaz Maaher Dikebumikan Bersebelahan dengan Makam Syekh Ali Jaber
Keluarga Bantah Penyebab Ustaz Maaher Meninggal Dianiaya: Sudahlah, Itu Enggak Benar!
Isak Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Ustaz Maaher

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami