Kembali Dipercaya Jadi Menteri, Yasonna akan Mundur dari Anggota DPR

PERISTIWA | 22 Oktober 2019 20:13 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Yasonna Laoly kembali dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bergabung di kabinetnya. Dengan itu, dirinya akan mengundurkan diri dari anggota DPR periode 2019-2024.

"Besok setelah dilantik (menteri) saya akan segera mengajukan pengunduran diri ke DPR," katanya saat jumpa pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (22/10).

Menurutnya, jabatan menteri merupakan kehormatan besar. Maka dari itu, dia lebih pilih jadi pembantu presiden daripada wakil rakyat.

"Ini panggilan tugas. Jadi saya di mana saja siap tetapi kehormatan besar bisa kembali membantu bapak presiden," ujar politikus PDIP itu.

Yasonna Laoly kembali diminta Presiden Joko Widodo untuk membantu kerja pemerintahan. Yasonna tidak menyebutkan pos kementerian yang bakal diisinya.

"Saya betul mengapresiasi kepercayaan Presiden kepada saya untuk bekerja," ujar Yasonna di Istana, Selasa (22/10).

Secara tersirat, kursi Menteri Hukum dan Ham bakal kembali diduduki Yasonna. Itu terlihat dari arah pembicaraan antara Yasonna dan Jokowi. Yasonna membahas usulan dua omnimbus law yang disampaikan Jokowi saat pidato pertama di MPR. Yasonna diminta mengimplementasikan dan berkoordinasi dengan kementerian lembaga terkait.

Yasonna dan Jokowi juga membahas deregulasi peraturan di kementerian agar mempercepat investasi, mempermudah perizinan. Termasuk peraturan daerah agar tidak ada lagi tumpang tindih dan menghalangi aturan lain.

Baca juga:
Dikabarkan Jadi Menko Kemaritiman dan Investasi, Ini Target Luhut 5 Tahun ke Depan
Luhut Akan Jabat Menko Kemaritiman dan Investasi di Kabinet Jokowi Jilid II
Sambangi Kediaman Prabowo, Presiden PKS Bicara Keputusan Politik Gerindra
Bertemu Jokowi, Johnny Plate Bahas Start Up Business dan Perlindungan Data
Lambaian Tangan Agus Suparmanto dan Teten Masduki Saat Tiba di Istana

(mdk/fik)