Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Masih Berstatus Siaga

Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Masih Berstatus Siaga
PERISTIWA | 13 Agustus 2020 10:49 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi pada Kamis (13/8) pagi tadi, sekitar pukul 06.07 WIB. Tinggi kolom erupsi tercatat sekitar 1.000 meter dari atas puncak gunung.

Dia menyebut, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan bahwa kolom abu berwarna kelabu ini condong mengarah ke timur, tenggara dan selatan. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitude maksimum 15 mm dan durasi sekitar 11 menit 59 detik.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menginformasikan kondisi dan situasi di tengah masyarakat aman," kata Raditya melalui keterangan tertulis, Kamis (13/8).

BPBD melakukan pembersihan dan penyemprotan sisa abu vulkanik pascaerupsi. Hingga kini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG) Badan Geologi masih menetapkan gunung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut ini pada status level III atau siaga.

Rekomendasi yang ditetapkan untuk mencegah risiko jatuhnya kerugian yaitu, pertama, masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi. Serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca Selanjutnya: Kedua jika terjadi hujan abu...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami