Kemenag Bantu ASN Korban Banjir Bandang Jayapura

PERISTIWA | 4 April 2019 00:35 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kementerian Agama (Kemenag) RI memberikan bantuan bagi pegawai dan Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat serta lembaga keagamaan yang menjadi korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI Syafrizal mengatakan, bantuan tersebut merupakan pemberian dari seluruh ASN Kemenag se-Indonesia yang dikumpulkan bagi korban bencana. Di mana sebagian dana ini juga merupakan sisa anggaran ketika terjadinya bencana di NTB dan Palu.

"Bantuan tersebut nantinya akan diberikan bagi 60 ASN dan 22 non ASN Kemenag yang terdampak bencana, di mana masing-masing menerima bantuan Rp2,5 juta dan Rp1,5 juta, juga diperuntukkan untuk lembaga seperti masjid, gereja serta lembaga pendidikan yang mengalami kerusakan ringan hingga berat," katanya seperti dilansir dari Antara, Rabu (3/4).

Menurutnya, untuk kerusakan berat akan diberikan bantuan sebesar Rp100 juta dan Rp 50 juta untuk lembaga pendidikan. Sementara, kerusakan ringan akan diberikan bantuan sebesar Rp 30 juta.

"Ada gereja, vihara dan masjid yang mengalami kerusakan ringan itu kami bantu, jadi besaran bantuan yang diberikan ini hasil perundingan dengan Kakanwil Kemenag Papua dan para kabid setempat," ujarnya.

Dia menjelaskan, terkait mekanisme penyaluran bantuan, akan serahkan langsung bagi para ASN dan non ASN, sementara lembaga keagamaan akan melalui proposal dan dikawal oleh para Kabid Kemenag Papua.

"Setelah bantuan disalurkan ke rekening penampung di Kemenag Papua, Kakanwil selanjutnya akan menyerahkan ke masing-masing lembaga, nanti akan diperiksa juga oleh Irjen Kemenag RI untuk memastikan bantuan disalurkan tepat sasaran," jelasnya.

Bantuan tali asih tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI H. Syafrizal kepada Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei di Aula Kantor Kemenag Papua, Kota Jayapura. (mdk/fik)

Baca juga:
Erick Thohir Sebut Jokowi akan Cari Lokasi Hunian Baru Bagi Korban Banjir Sentani
Suasana Berduka, Jokowi Batal Gelar Kampanye Terbuka di Sentani
Jokowi Akan Relokasi Rumah Korban Banjir Bandang Sentani
Jokowi Janji Segera Perbaiki Sekolah Terdampak Banjir Sentani
Jokowi akan Relokasi Korban Banjir Bandang Sentani, Minta Gubernur Papua Cari Lahan
Kunjungan Kerja sambil Kampanye, Jokowi akan Tinjau Pengungsi Banjir Sentani

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.