Kemenag Siapkan Asrama Haji untuk Ruang Isolasi PDP Covid-19

Kemenag Siapkan Asrama Haji untuk Ruang Isolasi PDP Covid-19
PERISTIWA | 3 April 2020 20:12 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Nizar menyatakan pihaknya telah menerbitkan edaran tentang Penggunaan Asrama Haji sebagai tempat karantina sementara dengan kaitannya Corona Virus Disease (Covid-19). Aturan tersebut yakni Surat Edaran (SE) Nomor 01010 tahun 2020 yang ditandatangani pada 1 April 2020.

"SE itu menjadi panduan bagi seluruh pengelola asrama haji dan peminjam atau pengguna asrama haji dalam pencegahan, penanganan, dan pengendalian penyebaran Covid-19," kata Nizar dalam keterangan pers, Jumat (3/4).

Dia menyebut terdapat empat ketentuan yang ditujukan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji di seluruh Indonesia.

Nizar menyebut pemanfaatan asrama haji sebagai tempat karantina sementara harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Yakni berdasarkan prosedur yang dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan Pemerintah Daerah setempat.

Kemudian kata dia, untuk pembiayaan penyiapan dan operasionalisasinya, Kanwil dan Kepala UPT diminta berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat.

"Sebab, saat ini belum tersedia alokasi anggaran untuk penyiapan dan operasionalisasi ruang karantina pada DIPA Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah," ucapnya.

Selanjutnya yakni untuk pemanfaatan asrama haji sebagai ruang karantina, Pemerintah Daerah harus berkoordinasi dengan Kepala UPT Asrama Haji atau Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi masing-masing.

Selain itu kata Nizar, rencana perjalanan haji tahun 2020 jamaah akan mulai masuk asrama haji pada 25 Juni 2020 dan diberangkatkan pada 26 Juni 2020.

"Paling lambat 10 hari sebelum keberangkatan jemaah, asrama haji yang digunakan sebagai karantina, sudah dilakukan proses sterilisasi," jelas Nizar.

Reporter: Ika Defianti (mdk/gil)

Baca juga:
Kemenag Kediri Nyatakan Lima Petugas Haji Negatif Covid-19
Pandemi Corona, Kemenag Imbau Calon Pengantin Daftar Online
Kemenag akan Sulap 16 Asrama Haji Jadi Rumah Sakit Darurat Corona
Kementerian Agama Siapkan Dua Skenario Penyelenggaraan Haji
Kemenag: UN dan UAMBN Madrasah Ditiadakan, Belajar di Rumah sesuai Kebijakan Pemda
Wabah Covid-19, Kemenag Perpanjang Masa Pelunasan Biaya Haji
Cegah Antrean Demi Antisipasi Corona, Kemenag Perpanjang Jadwal Pelunasan Biaya Haji

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami