Kemenag Sumut Imbau Salat Id Dilakukan di Rumah

Kemenag Sumut Imbau Salat Id Dilakukan di Rumah
PERISTIWA | 22 Mei 2020 20:05 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Muhammad David Saragih, mengimbau umat Islam di daerah ini melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 H di rumah bersama keluarga inti. Imbauan ini disampaikannya setelah melihat penyebaran Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan.

"Angka penularan Covid-19 di Sumatera Utara hingga hari ini cenderung meningkat. Jumlahnya dikhawatirkan bisa terus melonjak jika tidak ada upaya pencegahan," kata David, Jumat (22/5).

Salah satu upaya yang efektif mencegah penyebaran Covid-19 adalah pembatasan berkegiatan di tempat atau fasilitas umum, termasuk kegiatan keagamaan yang mengumpulkan massa dan menyebabkan terjadinya kerumunan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 terkait pelaksanaan Salat Id 1441 H. "Salat Id dapat dilakukan berjemaah sebagaimana lazimnya, jika berada di kawasan yang sudah terkendali pada saat 1 Syawal 1441H yang ditandai dengan angka penularan menunjukkan kecenderungan menurun atau kawasan yang bebas Covid-19 dan diyakini tidak terdapat penularan," papar David.

Pelaksanaan salat Id, baik di masjid, lapangan, maupun di rumah, harus tetap melaksanakan protokol kesehatan. "Tetap jaga jarak, hindari kerumunan dan cegah terjadinya potensi penularan," pungkas David. (mdk/eko)

Baca juga:
Pemprov DKI Cairkan Uang Apresiasi Tenaga Honorer
Cegah Penyebaran Corona, Pemkot Surabaya Larangan Warga Takbir Keliling
Polda Aceh Larang Warga Konvoi saat Malam Takbiran
Jubir Covid-19: Tak Ada Larangan Beli Baju Lebaran Asal Patuhi Protokol Kesehatan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami