Kemendagri Batalkan Mutasi Bermasalah 611 Pejabat oleh Bupati Jember Faida

Kemendagri Batalkan Mutasi Bermasalah 611 Pejabat oleh Bupati Jember Faida
Kemendagri batalkan mutasi bermasalah Bupati Jember. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 12 September 2020 14:45 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Bupati Jember, dr Faida disanksi tidak gajian selama 6 bulan dari Gubernur Jawa Timur. Kali ini, Faida mendapatkan 'hukuman' dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dirjen Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri, Akmal Malik menolak permohonan mutasi atau pengukuhan pejabat yang dimohonkan oleh Bupati Jember, dr Faida.

Mutasi yang dilakukan Faida terhadap 611 pejabat di bawahnya itu dianulir oleh Kemendagri karena hingga saat ini belum melaksanakan rekomendasi hasil pemeriksaan khusus oleh Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemendagri.

Penolakan itu dituangkan oleh Akmal melalui surat yang dikirim kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dengan tembusan kepada Mendagri Tito Karnavian, Bupati Jember dan Ketua DPRD Jember.

"Tembusannya sudah kita terima Jumat (11/09) kemarin. Mutasi yang dilakukan bupati pada Januari 2020 kemarin, dianulir oleh Dirjen Otda karena bupati belum menjalankan sama sekali hasil rekomendasi Mendagri tentang Pemeriksaan Khusus. Mutasi bermasalah karena tidak sesuai dengan KSOTK (Kedudukan dan Susunan Organisasi Tata Kerja)," ujar Ahmad Halim, Wakil Ketua DPRD Jember saat dikonfirmasi pada Sabtu (12/09).

Rekomendasi yang dimaksud adalah instruksi Mendagri agar Bupati Faida mencabut puluhan perbup dan SK mutasi yang bermasalah. Instruksi itu sebenarnya sudah sejak lama dikirimkan oleh Mendagri kepada bupati Jember yakni sejak 11 November 2019.

Isinya meminta agar ada perbaikan struktur birokrasi di Pemkab Jember agar sesuai pedoman yang ditetapkan pemerintah pusat. Namun, instruksi itu tidak dijalankan oleh Bupati Jember tanpa alasan yang jelas.

Baca Selanjutnya: Tak Ada Respons dari Faida...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami