Kemendikbud Fasilitasi Empat Siswa SMA Ikut Olimpiade Kimia Secara Daring

Kemendikbud Fasilitasi Empat Siswa SMA Ikut Olimpiade Kimia Secara Daring
PERISTIWA | 30 Juli 2020 09:49 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memfasilitasi empat siswa jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mengikuti 52nd International Chemistry Olympiad (IChO). Olimpiade tersebut seharusnya dilaksanakan di kota Istanbul Turki, pada 23-29 Juli namun lantaran Pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menjelaskan pihaknya tetap menyiapkan tim IChO meski dalam kondisi pandemi. Yaitu dengan memberikan pembinaan secara intensif melalui daring dan tetep memperhatikan protokol kesehatan.

"Selain bidang kimia, masih ada kompetisi bidang sains lainnya yang akan difasilitasi oleh Puspresnas yaitu bidang Matematika, Biologi, Informatika, Ekonomi, Astronomi dan Kebumian," kata Asep dalam keterangan pers, Kamis (30/7).

Diketahui Tim IChO Indonesia terdiri dari empat siswa, yaitu Ivan Candra Gunawan dari SMAK Petra 2 Surabaya, Steven William dari SMAK Petra 1 Surabaya, Mark Soesanto dari SMAK BPK Penabur 1 Jakarta dan Rifqi Naufal Abdjul dari SMAN 81 Jakarta. Kemudian terdapat empat mentor dari Kimia FMIPA–ITB, yaitu Prof. Dr. Djulia Onggo, Dr. Deana Wahyuningrum, Dr. I Nyoman Marsih. Dan Dr. Fainan Failamani.

IChO pada tahun ini diikuti 60 negara dari 82 negara yang diundang resmi dari jumlah negara peserta tahun sebelumnya. Peserta terdiri dari 235 siswa, 166 akademisi yang terdiri dari mentor, scientific observer, invigilator (pengwas), scientific committee dan juri yang berasal dari Turki sebagai penyelenggara IChO ke-52. (mdk/ray)

Baca juga:
Menguji Adrenalin di Sungai Potomac
Jepang Darurat Wabah Corona, Tak Ada Lagi Pameran Api Olimpiade Tokyo 2020
Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda Karena Pandemi Virus Corona
RI Jadi Host Olimpiade 2032, Ibu Kota Baru Bakal Dibangun Sarana Olahraga
Menteri Basuki: Ibu Kota Baru di Kalimantan Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami