Kemenhub Diminta Alihkan Dana Mudik Gratis Bantu Sopir & Kondektur Terdampak Corona

Kemenhub Diminta Alihkan Dana Mudik Gratis Bantu Sopir & Kondektur Terdampak Corona
PERISTIWA | 23 April 2020 16:48 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Pemerintah diminta menyediakan bantuan bagi pekerja sektor transportasi, seperti sopir dan kondektur yang terdampak kebijakan larangan mudik. Caranya dengan memakai dana untuk program mudik gratis.

"Masih banyak dana mudik gratis di Kemenhub yang batal itu dipakai oleh karena pandemi Covid-19," kata Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (INSTRAN), Deddy Herlambang, kepada merdeka.com, Kamis (23/4).

Dana program mudik gratis tersebut, kata dia, bisa digunakan untuk program yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. Seperti memberikan bantuan sosial bagi para sopir maupun kondektur. Hanya saja dia tidak menyampaikan secara detail, jenis bantuan macam apa yang bisa diberikan.

"Bisa digunakan atau switching kepada para kru angkutan umum/bus umum sebagai jaring pengaman sosial. Data-data ini (sopir dan kondektur) bisa diambil dari Organda (Organisasi Angkutan Darat)," urai dia.

Pemerintah, kata dia, juga harus memperketat pengawasan ketika larangan mudik resmi berlaku pada Jumat (24/4) besok. "Yang jelas jalan tol akan ditutup tanggal 24 April. Kecuali angkutan sembako dan kesehatan diizinkan. Maka tetap, jalan masuk tol sebagai pos PSBB harus diadakan berlapis dan jalan nasional di perbatasan administrasi wilayah tetap ada posko PSBB," jelas dia.

Tak hanya itu, dia pun mengharapkan agar juga dilakukan pengawasan terhadap masyarakat yang memaksakan diri mudik dengan menggunakan sepeda motor. Sebab, dengan tidak beroperasinya angkutan umum seperti bus, masyarakat justru memilih menggunakan sepeda motor.

"Khusus sepeda motor bila ada yang melanggar (larangan) mudik bisa langsung kena tilang. Khusus jalan akses ke luar kota atau jalan-jalan tikus juga ditutup hanya warga KTP setempat yang boleh lewat," tandasnya. (mdk/lia)

Baca juga:
Dimulai Besok, Larangan Mudik Paling Lama Berlaku Sampai 15 Juni 2020
Jalur Utama Menuju Jawa di Bekasi Ditutup Total Mulai Besok
Jelang Larangan Mudik, Terjadi Peningkatan Penumpang Bus Keluar Jakarta
Malam Ini, Kemenhub Turunkan Personel untuk Halau Masyarakat Nekat Mudik
Ada Larangan Mudik, Usaha Angkutan Darat Bakal Lumpuh Total
Aturan Larangan Mudik, 8 Titik Pintu Masuk ke Jatim akan Disekat Polisi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami