Kemenkes: 80,8 Persen Masyarakat Bersedia Divaksinasi Covid-19

Kemenkes: 80,8 Persen Masyarakat Bersedia Divaksinasi Covid-19
Vaksin Massal Nakes di Istora. ©2021 merdeka.com/imam buhori
PERISTIWA | 12 Mei 2021 16:25 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan berdasarkan hasil survei pada Januari hingga Maret 2021.sebanyak 80,8 persen responden bersedia menerima vaksin COVID-19.

"Survei yang dilakukan pada 10 Januari hingga 31 Maret 2021 ini menunjukkan kabar yang menggembirakan. Sebanyak 80,8 persen bersedia menerima vaksin COVID-19," katanya melalui pernyataan tertulis kepada wartawan di Jakarta dilansir Antara, Rabu (12/5).

Survei tersebut dijalankan oleh University of Maryland dengan kemitraan bersama Facebook dalam rangka mengukur formulasi kebijakan yang tepat untuk vaksin COVID-19.

Berdasarkan laporan tersebut, tingkat keraguan masyarakat untuk mendapatkan vaksin telah menurun dari 28,6 persen menjadi 19,2 persen selama periode Januari-Maret 2021.

Menurut Oscar laporan itu menunjukkan bahwa program vaksinasi berjalan dengan baik dan berhasil meningkatkan animo peserta yang semakin tinggi untuk bersama-sama memutus rantai penularan COVID-19.

'COVID-19 Symptom Survey' ini dijalankan oleh Program Gabungan Metodologi Survei University of Maryland dengan kemitraan bersama Facebook. Pengumpulan data survei dilakukan oleh University of Maryland dengan mengedepankan dan menjaga privasi semua responden.

Selain melibatkan responden dari Indonesia, kata Oscar, orang-orang dari 200 negara dan negara bagian juga turut berpartisipasi dalam survei yang dilakukan di luar platform Facebook ini.

Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari mengatakan survei tersebut melibatkan 178.988 responden dalam periode 10 Januari hingga 31 Maret 2021.

Survei itu mengukur tingkat keraguan vaksin COVID-19 yang dilaporkan sendiri, alasan keraguan, sumber informasi terpercaya, dan perilaku utama seperti pemakaian masker dan jarak sosial di Indonesia. (mdk/ray)

Baca juga:
Update Jumlah Penerima Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama 12 Mei 2021
Pemerintah Didesak Investigasi Meninggalnya Trio Setelah Divaksinasi AstraZeneca
Harus Ada yang Bertanggung Jawab jika Warga Meninggal Akibat Vaksinasi
Pemkot Tangerang Selatan Kejar Target Vaksinasi Lansia
Trio Meninggal Usai Divaksinasi, Pegadaian Tunggu Hasil Investigasi Komnas KIPI

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami