Kemenkes Imbau Petugas Kebun Binatang Jaga Jarak dengan Hewan Cegah Covid-19

Kemenkes Imbau Petugas Kebun Binatang Jaga Jarak dengan Hewan Cegah Covid-19
Kebun Binatang Surabaya. ©2013 Merdeka.com/Moch. Andriansyah
PERISTIWA | 9 April 2020 21:01 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengingatkan para petugas atau orang yang berhubungan langsung dengan hewan di kebun binatang agar tetap menjaga jarak fisik guna mencegah dan mengantisipasi penularan COVID-19.

"Bagi orang yang merawat hewan-hewan, ini harus menjadi perhatian. Karena dikhawatirkan ada orang tanpa gejala menularkan virus ke hewan saat bertugas," kata Direktur Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi dilansir Antara, Kamis (9/4).

Upaya pencegahan tersebut, kata dia, bisa dengan cara tetap menjaga jarak fisik, memakai masker dan sarung tangan, serta mencuci tangan menggunakan sabun saat bekerja.

Apalagi, dalam kondisi seperti saat ini, kata dia, hal-hal demikian harus diperhatikan. Sebab, sudah ada laporan hewan terinfeksi Covid-19 dari manusia.

Pertama, kasus anjing terinfeksi Covd-19 di Hongkong diketahui setelah dilakukan screening. Kedua, seekor kucing dilaporkan terinfeksi di Belgia dan terakhir harimau betina di kebun binatang Amerika Serikat.

Baca Selanjutnya: Untuk itu pihaknya meminta Kementerian...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami