Kemenkes Jadikan RS UI Depok Jadi Rujukan Pasien Covid-19

Kemenkes Jadikan RS UI Depok Jadi Rujukan Pasien Covid-19
PERISTIWA | 26 September 2020 18:37 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 kerap kali memasukkan Kota Depok, Jawa Barat menjadi zona merah Covid-19. Pada 15 September 2020, 93 RW di Kota Depok Masuk Zona Merah dan 10 Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 di Kota Depok sudah terisi 80 persen.

Atas dasar itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memutuskan untuk menjadikan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) sebagai RS rujukan Covid-19. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, drg. Widyawati mengatakan bahwa Tim Task Force Kemenkes kembali mengecek kesiapan RSUI menjadi RS rujukan Covid-19 pada 25 September lalu.

"Kunjungan bertujuan memastikan kesiapan Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Kota Depok telah berjalan dengan baik serta mengetahui kendala apa yang terjadi dalam penanganan Covid-19," ujar Widyawati dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/9).

Widyawati mengatakan, Kemenkes akan berupaya untuk membantu Kota Depok untuk menangani Covid-19. Hal ini dikarenakan Kota Depok merupakan daerah penyangga Ibu Kota.

"Kota Depok diharapkan dapat menjadi pengurai kasus Covid-19 serta memiliki fasilitas pelayanan kesehatan khusus untuk menangani kasus Covid-19," ujarnya

"Sebenarnya Kota Depok memiliki 21 RS, nah masih ada 3 RS yang akan disiapkan jadi RS Rujukan Covid-19, salah satunya RSUI," tambahnya.

Kunjungan Kemenkes ini dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pelayanan, Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyatno, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dr. Cut Putri Arianie, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono.

Baca Selanjutnya: Dalam kesempatan yang sama Staf...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami