Kemenkes Jelaskan Syarat PPKM di Jabodetabek Turun ke Level 2

Kemenkes Jelaskan Syarat PPKM di Jabodetabek Turun ke Level 2
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 22 September 2021 19:08 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Pemerintah menambahkan indikator penentuan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia. Indikator tambahan ini adalah cakupan vaksinasi dosis pertama secara umum dan vaksinasi dosis pertama pada kelompok lansia.

"Syarat penurunan level 3 ke level 2 harus didukung dengan cakupan vaksinasi dosis pertama minimal total 50 persen dan vaksinasi dosis pertama untuk lansia minimal 40 persen," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/9).

Khusus untuk penentuan penurunan level 2 ke level 1, setiap daerah harus memenuhi syarat cakupan vaksinasi dosis pertama secara umum mencapai 70 persen. Kemudian cakupan vaksinasi dosis pertama pada kelompok lansia harus mencapai 60 persen.

Sementara penentuan penurunan level PPKM pada wilayah aglomerasi mengikuti capaian vaksinasi terendah kabupaten dan kota. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan ini mengambil contoh Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

"Dikarenakan cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor, Tangerang, Kota Depok dan Kabupaten Bekasi, belum mencapai angka 50 persen, maka keseluruhan Jabodetabek belum bisa turun ke PPKM level 2," jelasnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan indikator cakupan vaksinasi sangat penting dalam menurunkan level PPKM. Sebab, vaksin terbukti bisa menekan penyakit berat atau mortalitas pada pasien Covid-19, terutama lansia.

"Target vaksinasi yang tinggi sebagaimana disebutkan di atas adalah salah satu kunci utama dalam fase hidup bersama Covid-19," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (13/9). (mdk/ray)

Baca juga:
Bupati Bogor Izinkan Hotel Operasikan Ruang Pertemuan Tanpa Makanan Prasmanan
Satpol PP Minta Warga DKI Melaporkan Restoran Melanggar Jam Operasional Selama PPKM
Anak di Bawah 12 Tahun Masuk Hotel di DKI Wajib Tes Antigen
PPKM Level 3, Pantai di Bali Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan
Pemprov DKI Izinkan Restoran dan Kafe Beroperasi hingga Pukul 00.00 WIB

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami