Kemenkes Lakukan Surveilans Waspadai Kemungkinan Flu Babi pada Manusia

Kemenkes Lakukan Surveilans Waspadai Kemungkinan Flu Babi pada Manusia
PERISTIWA | 2 Juli 2020 09:54 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mewaspadai kemungkinan serangan flu babi pada manusia dengan terus melakukan surveilans. Tujuannya untuk mendeteksi setiap kemungkinan yang dapat terjadi di masa depan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, langkah ini merupakan merespons laporan dari ilmuwan China tentang galur baru virus influenza G4 EA H1N1 yang dikabarkan berpotensi menular dari hewan ke manusia (zoonosis).

"Jadi surveilans kita masih jalan untuk memantau kemungkinan mengenai hal itu. Untuk mendeteksi kemungkinan kasus pada orang atau petugas, pekerja yang bekerja di peternakan (peternakan babi). Itu sebenarnya ranahnya Kementerian Pertanian (Kementan)," katanya seperti dilansir dari Antara, Kamis (2/7).

Selain melakukan surveilans, dia mengungkapkan, Kemenkes memiliki tugas dan fungsi menginformasikan kemungkinan penemuan kasus pada orang yang sakit flu pada satu populasi tertentu, misalnya pada pekerja di peternakan babi.

"Kemudian oleh Puskesmas bersama Dinas Peternakan sama-sama melakukan kajian epidemiologi kalau di suatu daerah mungkin ada," ujarnya.

Namun demikian, Nadia menambahkan, sampai saat ini, baik Kementan maupun Kemenkes belum menemukan potensi serangan flu babi galur baru tersebut, baik pada hewan maupun potensi penularannya dari hewan ke manusia.

"Kita belum ada laporan seperti itu," terangnya.

Baca Selanjutnya: Nadia menjelaskan virus tersebut pada...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami