Kemenkes Minta Massa di Kerumunan Acara Rizieq Syihab Isolasi Mandiri

Kemenkes Minta Massa di Kerumunan Acara Rizieq Syihab Isolasi Mandiri
PERISTIWA | 22 November 2020 20:00 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Muhammad Budi Hidayat mengimbau masyarakat yang mengikuti acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab segera melakukan isolasi mandiri.

Tercatat acara digelar di Petamburan (Jakarta Pusat), Tebet (Jakarta Selatan), dan Megamendung (Jawa Barat).

Imbauan disampaikan setelah 80 orang positif Covid-19 usai menghadiri acara Rizieq Syihab. Rinciannya, 30 orang positif Covid-19 di kerumunan Petamburan dan 50 kasus positif Covid-19 di Tebet.

"Kemenkes mengimbau semua orang yang mengikuti acara tersebut dan siapa pun yang merasa telah kontak erat dengan orang yang hadir agar melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari," katanya dalam konferensi pers, Minggu (22/11).

Budi mengingatkan, jika selama proses isolasi muncul gejala Covid-19, seperti batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan serta hilang indra penciuman dan perasa segera datangi fasilitas kesehatan.

"Kunjungi puskesmas terdekat untuk melakukan tes usap atau PCR test," pesannya.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Abdul Kadir, menambahkan ketersediaan tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini masih berada di angka 50 persen. Ini menunjukkan, rumah sakit masih bisa menampung pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan hingga 50 persen.

"Namun, bilamana terjadi kenaikan pasien hingga 50 sampai 100 persen, maka Kemenkes telah memerintahkan kepada semua rumah sakit untuk melakukan penataan tempat tidur dengan menambah kapasitas ruang perawatan Covid-19. Tentunya menambah ruang isolasi dan juga ruang ICU," sambungnya.

Selain tempat tidur, Abdul memastikan stok obat untuk pasien Covid-19 masih aman. Meski demikian, dia mengimbau masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun.

"Saya kira itu semua sangat penting untuk memutus rantai penularan Covid-19. Dan kita berdoa mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan," tutupnya. (mdk/did)

Baca juga:
Selain Lurah Petamburan, Kapolsek dan Wakapolsek Tanah Abang juga Positif Covid-19
Muncul Klaster Covid-19 di Petamburan, Aparat Siapkan 1.000 Alat Rapid Test Massal
Warga Petamburan Jalani Rapid Test
Vaksinolog Sebut Vaksin Dapat Izin Edar BPOM Aman dan Efektif
80 Orang Positif Covid-19 Usai Hadiri Acara Rizieq Syihab di Tebet & Petamburan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami