Kemenkes Minta Pemda Jamin Keselamatan Nakes di Pegunungan Bintang Papua

Kemenkes Minta Pemda Jamin Keselamatan Nakes di Pegunungan Bintang Papua
Nakes dievakuasi dari jurang di Pegunungan Bintang. Antara
NEWS | 16 September 2021 09:32 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerima laporan dua tenaga kesehatan (nakes) terjatuh ke jurang saat menyelamatkan diri dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang meneror Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (15/9) sore. Seorang nakes ditemukan selamat, satu lainnya meninggal dunia.

"Kalau informasi yang kita dapatkan benar (dua nakes jatuh ke jurang)," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi kepada merdeka.com, Kamis (16/9).

Kementerian Kesehatan, lanjut Nadia, menyampaikan duka cita mendalam atas peristiwa itu. Mereka juga sangat mengapresiasi pengabdian dan dedikasi keduanya dalam membangun kesehatan di daerah terpencil.

"Kami berharap masyarakat dapat menghargai pengorbanan yang sudah mereka lakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang tentunya jauh serta harus terpisah dari keluarga," ujarnya.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) ini berharap ke depan pemerintah daerah di Pegunungan Bintang menjamin keamanan dan keselamatan nakes. Caranya bisa dalam bentuk pengawalan nakes oleh aparat keamanan.

"Perlu dipastikan keamanan nakes, bentuknya bisa pengawalan terus menerus ataupun juga respons cepat kalau dibutuhkan," tegasnya.

Sebagai informasi, dua nakes yang jatuh ke jurang saat menyelamatkan diri dari KKB adalah Kristina Sampe dan Gabriela Meilan. Kristina Sampe ditemukan petugas Gabungan TNI-Polri dalam keadaan selamat, namun mengalami luka di sekujur tubuhnya. Sementara itu, Gabriela Meilan meninggal dunia.

Saat ini, Kristina Sampe sudah berada bersama rekan-rekannya yang mengamankan diri di Pos Yonif 403/WP. Sementara jenazah Gabriela Meilan belum berhasil dievakuasi karena terkendala cuaca buruk dan medan yang sangat terjal. (mdk/yan)

Baca juga:
Dandim Yahukimo Tegaskan Tidak Ada Prajurit Meninggal dalam Kontak Senjata di Kiwirok
2 Nakes Jatuh ke Jurang Usai Teror KST di Kiwirok Dievakuasi, 1 Ditemukan Meninggal
TNI: Pos Gabungan Ditempatkan di Kampung-Kampung Usai Penyerangan KNPB di Maybrat
BNPT Waspadai Aksi Teror KKB di PON Papua: Kita Tidak Ingin Dipermalukan
Aparat dan Warga Cari Mantri Hilang Usai Fasilitas Umum di Kiwirok Dibakar KST

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami