Kemenkes: Mobilitas di Sejumlah Daerah Melebihi Level Sebelum Pandemi Covid-19

Kemenkes: Mobilitas di Sejumlah Daerah Melebihi Level Sebelum Pandemi Covid-19
PPKM Jawa-Bali Diperpanjang 2 Pekan. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah
NEWS | 22 September 2021 18:23 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan mobilitas masyarakat mulai meningkat. Bahkan, sejumlah wilayah mencatat mobilitas masyarakat melampaui level sebelum pandemi Covid-19.

"Beberapa daerah sudah melampaui level sebelum saat kita mengalami pandemi seperti di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tentunya, hal ini perlu menjadi perhatian kita semua," kata Nadia dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/9).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 ini menyebut pemerintah memantau pergerakan masyarakat melalui berbagai platform, di antaranya Google Mobility. Google Mobility menunjukkan seluruh provinsi di Indonesia mengalami peningkatan mobilitas.

Di tengah meningkatnya mobilitas, Nadia mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dia menekankan, relaksasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level bukan berarti memberikan kebebasan untuk menurunkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

"Sekali lagi, pelonggaran bukan berarti melupakan protokol kesehatan. Meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan harus tetap dilakukan," tegasnya.

Nadia meminta pemerintah daerah terus memantau penerapan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat seiring meningkatnya mobilitas. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 daerah harus kembali diaktifkan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan.

"Kami berharap tentunya pemda dapat terus melakukan penguatan terkait prokes dengan mengaktifkan kembali Satgas-Satgas untuk mengingatkan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan," tandasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Klaim Kasus Covid-19 di Jakarta Terkendali, Anies Bubarkan Tim Pemulasaraan Jenazah
BNPB Pastikan Perhelatan Global Platform 2022 di Bali Mematuhi Prokes
Pemprov DKI Makamkan 31.969 Jenazah dengan Protap Covid-19 Selama Pandemi
Pemerintah Ajak Dunia Usaha Kolaborasi Bantu Anak Terdampak Covid-19
Menteri Kesehatan Brasil Positif Covid-19 Saat Hadiri Sidang Umum PBB
Mobilitas Masyarakat Meningkat, Pemerintah Ingatkan Potensi Lonjakan Kasus Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami