Kemenkes Sosialisasi Langkah Antisipasi Penyebaran Flu Babi G4

Kemenkes Sosialisasi Langkah Antisipasi Penyebaran Flu Babi G4
PERISTIWA | 9 Juli 2020 15:42 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Direktur Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah telah melakukan sosialisasi terkait flu babi G4 yang ditemukan di China. Langkah antisipasi dilakukan meski virus tersebut belum ditemukan di Indonesia.

"Yang menjadi kewaspadaan kita, Indonesia sendiri memiliki peternakan babi di berbagai provinsi, cukup banyak jumlah populasi babi yang ada di Indonesia itu sekitar tujuh juta," kata Nadia dilansir Antara, Kamis (9/7).

Angka tersebut adalah yang tercatat di peternakan-peternakan. Sementara itu terdapat fakta bahwa masyarakat di beberapa daerah memelihara dan mengembangbiakkan binatang tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebagai langkah antisipasi, kata dia, pemerintah lewat Kementerian Pertanian telah melakukan pengawasan terhadap peternakan babi dan berbagai produk turunannya untuk mencegah terjadinya penularan.

"Teman-teman di fasilitas layanan kesehatan, khususnya puskesmas melakukan secara aktif sosialisasi informasi mengenai upaya-upaya untuk mencegah ataupun menginformasikan tentang virus flu babi G4 tersebut serta bagaimana mengatasi atau melakukan pencegahan lebih dini," katanya.

Baca Selanjutnya: Dia mengatakan pencegahan dini seperti...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami