Kemenkominfo Jadikan Banyuwangi Percontohan & Tuan Rumah Evaluasi Program Smart City

PERISTIWA » BANYUWANGI | 18 Juni 2019 18:59 Reporter : Muhammad Ulil Albab

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan evaluasi terhadap program "Smart City" daerah-daerah di Indonesia. Dalam program ini, Banyuwangi yang juga menjadi kabupaten Smart City menjadi tuan rumah sekaligus percontohan daerah lain.

Pertemuan di Banyuwangi kali ini diikuti 75 perwakilan pemerintah kabupaten dan kota smart city. Para peserta delegasi masing-masing kota akan mendapatkan evaluasi dari 4 tim evaluator Kemenkominfo selama 3 hari ke depan.

©2019 Merdeka.com/Mohammad Ulil Albab

Kasubdit Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Daerah, Kemenkominfo Hasyim Gautama mengatakan daerah-daerah yang berlabel Smart City akan dinilai dengan berbagai indikator penilaian. Antara lain Smart Branding, Smart Mobility, dan Smart Environment. Pihaknya akan melakukan evaluasi di Banyuwangi selama tiga hari ke depan.

"Sasarannya kabupaten dan kota yang masuk gerakan smart city pada tahun 2017 dan 2018. Satu-satu kabupaten kota smart city dievaluasi dengan indikator itu," kata Hasyim saat melakukan evaluasi tahap pertama di Hotel Aston Banyuwangi, Selasa (18/6).

Kegiatan ini digelar untuk gerakan menuju 100 kota Smart City di tahun 2019. Pihaknya mendata sejak tahun 2017 sudah ada 75 kota yang menjadi Smart City. Sementara tahun ini sudah terdapat 25 kabupaten dan kota baru yang beniat masuk menjadi smart city.

"Tujuan utama mendorong setiap daerah untuk memiliki inovasi. Tidak harus bidang teknologi informasi, inovasi juga terbuka untuk dibangun di bidang lain," jelasnya.

Sementara itu, Ahli Utama Kemenkominfo, Heri Abdul Aziz mengatakan program evaluasi bukan mencari titik lemah suatu daerah, namun mendorong semangat percontohan kota atau kabupaten yang sudah berani selangkah lebih maju.

"Banyuwangi dipilih sebagai tempat evaluasi agar masing-masing peserta bisa melihat sendiri inovasi yang telah dibangun. Menyampaikan kecerdasan apa saja yang nanti akan ditingkatkan atau diperbaiki di masing-masing daerah," ujarnya.

(mdk/paw)

TOPIK TERKAIT