Kemenkopolhukam Bentuk TGPF Peristiwa Penembakan di Intan Jaya Papua

Kemenkopolhukam Bentuk TGPF Peristiwa Penembakan di Intan Jaya Papua
PERISTIWA | 2 Oktober 2020 13:53 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) peristiwa kekerasan dan penembakan di Kabupaten Intan Jaya, Papua pada tanggal 17-19 September 2020 lalu. Dalam tragedi itu, seorang pendeta bernama Yeremias Zananbani tewas ditembak.

"Beberapa waktu yang lalu tepatnya antara tanggal 17-19 September, telah terjadi tewasnya penduduk sipil dan anggota TNI di Intan Jaya Papua. Ini menimbulkan banyak perdebatan siapa yang melakukan dan siapa korban," kata Menkopolhukam Mahfud MD saat jumpa pers virtual, Jumat (2/10).

Dalam peristiwa tersebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua menuding TNI-Polri yang sebagai pelaku penembakan. TNI-Polri juga menuding sebaliknya. Hal ini yang akan di usut TGPF.

"KKB yang menurut TNI dan Polri bertanggung jawab justru menuding balik yg lakukan aparat. Nah terakhir itu diramaikan dengan tewasnya Yeremias. Karena ditembak tetapi sampai sekarang belum jelas karena aparat sendiri masih sulit menembus keluarganya apalagi melihat mayatnya," tuturnya.

Mahfud menambahkan, pemerintah akan tegas untuk melakukan penegakan hukum sebagaimana mestinya dan memberi penjelasan tentang fakta yang sebenarnya ke masyarakat.

"Banyak masukan dan aspirasi dari tokoh masyarakat agama dan lain lain, yang minta dua hal yaitu segera penegakan hukum berat dan bentuk tim pencari fakta," ucapnya.

Pemerintah, kata Mahfud, sudah minta Polri agar terus melakukan proses hukum menyidik kasus ini. Dimana satu orang warga sipil meninggal dunia, anggota TNI meninggal dan seorang pendeta meninggal.

"Di mana kemudian kami bentuk hari ini tim gabungan pencari fakta atau TGPF kasus Intan Jaya dengan no keputusan 83 tahun 2020. Di dalam lampiran 1 kami itu angkat tim investigasi lapangan," kata Mahfud.

Baca Selanjutnya: Susunan Keanggotaan TGPF...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami