Kemenlu Dukung Perhelatan Model Pemuda Anggota OKI

PERISTIWA | 19 Juli 2019 23:39 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Youth on Organization of Islamic Cooperation (OIC) Indonesia berencana menggelar acara model OIC di Jakarta pada November mendatang. Acara itu bakal melibatkan pemuda dari anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Untuk menyukseskan acara tersebut, OIC menggandeng Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Dengan terselenggaranya acara tersebut dapat mendorong peningkatan potensi pemuda Indonesia baik kuantitas maupun kualitas.

"Untuk mewujudkannya, OIC Youth Indonesia berpandangan, perlunya kolaborasi dan konsenterasi seluruh elemen masyarakat. Sehingga, pembangunan karakter dan mentalitas kemandirian pemuda bisa terwujud," kata President OIC Youth Indonesia, Syafii Efendi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (19/7).

Berkolaborasi dengan Kemenlu menjadi salah satu upaya OIC Youth Indonesia dalam merajut sinergisitas. Khususnya kesediaan pemerintah menyampaikan kebijakan luar negeri Indonesia di OKI pada 2019 saat Model OIC nanti.

Pemerintah memastikan dukungannya terhadap OIC Youth Indonesia. Termasuk Model OIC yang bakal digelar beberapa bulan lagi.

"Kami menyambut baik terobosan pengurus baru OIC Youth Indonesia yang punya spirit entrepreneurship," ujar perwakilan Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik (IDP), Agus Heryana saat ditemui perwakilan OIC pada Rabu (17/7) lalu. Dia didampingi delegasi Ditjen Sosial Budaya dan Organisasi Internasional dan Negara Berkembang (OINB), Sindy Nur Fitri.

Kemenlu juga menyampaikan, peduli terhadap OIC Youth, meski tak memiliki direktorat khusus yang menangani masalah tersebut.

Kemudian, dicontohkan dengan pengiriman diplomat-diplomat muda ke acara pelatihan dan simulasi sidang OKI di Istanbul, Turki, pada 2018. Difasilitasi SESRIC dan ICYF.

Juga menceritakan tentang rencana pemerintah mendaftarkan diri sebagai tuan rumah OIC Youth Capital. Namun, Ditjen OINB mengonfirmasi, Indonesia belum siap hingga 2020.

"Terkait kemungkinan keikutsertaan 2021, akan dikabarkan lagi," kata Secretary General OIC Youth Indonesia, Astrid Nadya Rizqita, perwakilan OIC Youth Indonesia lainnya yang datang ke Kemenlu, selain Vice President Galih Prasetyo.

Baca juga:
Pemerintah Masih Kumpulkan Informasi untuk Pemulangan WNI Bekas Anggota ISIS
Kecaman Keras Indonesia dan Jawaban Wali Kota Oxford soal Benny Wenda
Menakar Peluang Menteri-Menteri Lama yang Dipertahankan Jokowi
5 Pos Menteri Ini Selalu Diisi dari Kalangan Profesional
Inilah Prestasi Dua Menteri Jokowi yang Dapat Pujian dari Menlu Arab Saudi
Kemlu: Jenazah Sutopo Akan Dipulangkan ke Tanah Air Secepatnya
Polri Soal Kepulangan Rizieq Syihab: Yang Paling Tahu Imigrasi & Kemenlu

(mdk/gil)

TOPIK TERKAIT