Kemensos Alokasikan Dana Bantuan Pasca-Kerusuhan Wamena Rp4,6 Miliar

PERISTIWA | 16 Oktober 2019 22:38 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Kerusuhan di Wamena, Papua mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Lewat Kementerian Sosial, pemerintah telah menggelontorkan dana bantuan sebanyak Rp4,6 miliar.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan jika bantuan yang diberikan sesuai dengan usulan yang diajukan oleh pemerintah daerah (Pemda). Agus Gumiwang menyebut jika semua usulan bantuan dari Pemda dipenuhi oleh pemerintah.

"Mensos menyediakan bantuan sesuai yang menjadi usulan Pemda. Sekarang sudah pada titik untuk Wamena saja Rp4,6 miliar. Ini terus berjalan," ujar Agus Gumiwang di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) di Kalasan, Kabupaten Sleman, Rabu (16/10).

"Sekali lagi kami sampaikan semua usulan yang menjadi kebutuhan dari Wamena, dari Jayapura yang terkait atau akibat dampak kerusuhan, usulan-usulan dari Pemda tidak ada satu pun yang kami coret. Tidak ada satupun yang kami kurangi. Semua kami alokasikan, kami berikan, kami akomodir," ungkap Agus Gumiwang.

Agus menambahkan ada beberapa bantuan sosial lainnya yang diberikan oleh pemerintah di luar permintaan yang diajukan oleh Pemda. Bantuan sosial ini merupakan inisiatif dari pemerintah.

Bantuan tersebut di antara adalah program santunan ahli waris dan program santunan stimulan bagi warung maupun toko terdampak kerusuhan Wamena.

"Bahkan ada beberapa bantuan yang tanpa mereka (Pemda Wamena) minta, kami berikan. Atas dasar inisiatif. Misalnya program santunan ahli waris. Misalnya program stimulan untuk warung-warung dan toko-toko yang terdampak kerusuhan, yang rusak kami berikan bantuan stimulan untuk setiap pemilik toko dan warung. Agar supaya harapan kami bisa memulihkan kehidupan ekonomi di Wamena Jayapura," tutup Agus.

Baca juga:
Pada Jokowi, Paguyuban Warga Pendatang di Papua Minta Jaminan Tak Ada Lagi Kerusuhan
Situasi Berangsur Membaik, 293 Pengungsi Sudah Kembali ke Wamena
Menhub Budi: Bandara Wamena Akan Kembali Beroperasi Normal Dalam Sepekan
Kapolda: Mahasiswa Kembali ke Papua Jadi Beban Sosial
Galang Dana untuk Wamena, Menhub Senam Maumere Bersama Solidaritas Warga Papua

(mdk/ray)