Kemensos Siapkan Santunan Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Kemensos Siapkan Santunan Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Mensos Tri Rismaharini. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 31 Agustus 2021 03:03 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan anggaran khusus untuk bantuan anak yatim, piatu maupun yatim piatu yang terdampak Covid-19. Pihaknya sampai saat ini masih mengumpulkan data secara nasional terkait hal tersebut.

"Kita masih ngumpulkan. Ada beberapa daerah yang sudah ada yang belum. Saya tidak berani menyampaikan karena memang ada yang belum," ujar Menteri Sosial, Tri Rismaharini saat pembukaan Sentra Kreasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) Balai Besar Soeharso, Solo, Senin (30/8).

Mantan Wali Kota Surabaya itu menjelaskan, santunan tersebut akan diberikan dalam bentuk BST (bantuan sosial tunai). Jumlah bantuan disesuaikan dengan status pendidikan masing-masing.

"Kalau sudah sekolah Rp200.000 kalau belum sekolah Rp300.000. Itu sesuai standar PKH (Program Keluarga Harapan)," terangnya.

Risma menyampaikan, bantuan sosial untuk anak yatim kali ini dipersiapkan secara mendadak dengan anggaran-anggaran yang ada. Untuk tahun ini hanya diberikan kepada anak yatim terdampak Covid-19. Bantuan yang sama akan diberikan kepada semua anak yatim, piatu, atau yatim piatu tahun depan.

Untuk Kota Solo, lanjut Risma, pihaknya meminta bantuan kepada Wali Kota Gibran Rakabuming Raka untuk melakukan pendataan.

"Saya minta bantuan pak Wali untuk pendataan itu sehingga nanti kita bisa bantu untuk Atensi-nya" pungkas Risma. (mdk/eko)

Baca juga:
VIDEO: Penyebab Mensos Risma Ngamuk Lihat 8 Ribu Bansos PKH Belum Cair di Jember
Kemensos akan Bangun Rusunawa untuk Disabilitas di Solo
PKB ke Risma: Daripada Marah-marah, Letakkan Saja Jabatannya
Kemensos Alokasikan Rp24 Miliar untuk Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Risma Marahi Pejabat Bank BUMN Karena Lambat Salurkan Bansos
Mensos Risma: 24,7 Juta Keluarga akan Terima Program Bantuan Sembako pada 2022

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami